Jumat, 09 November 2007



Hadits  Dari Ali Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri.”

Riwayat Muslim.

Terkadang kita makan dan minum tanpa menghiraukan aturan agama islam yang telah di anjurkan, bahkan banyak di antara kita tidak tau menahu tentang hukum-hukum islam.


Hadits  Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Lihatlah orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena hal itu lebih patut agar engkau sekalian tidak menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu.”

Muttafaq Alaihi.  Hadist di atas ini mengingatkan kita agar tetap selalu bersyukur atas apa yang telah Alloh berikan kepada kita, karena jika kita menghitung semua nikmat yang telah Alloh berikan takan pernah terhitung. Karena banyaknya nikmat-nikmatnya.


Hadits  Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada 6, yaitu : 1 bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam;

2 bila ia memanggilmu penuhilah;

3 bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah;

4 bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu);

5 bila dia sakit jenguklah;

6 bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. Riwayat Muslim. Sudah jelas hadist di atas menyatakan hak kewajiban antara sesame muslim, dan semoga kita bisa menjalankannya agar manjadi muslim yang ber iman dan bertaqwa.


Hadits dari  Nawas Ibnu Sam’an Radliyallaahu ‘anhu berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam tentang kebaikan dan kejahatan. Beliau bersabda: “Kebaikan ialah akhlak yang baik dan kejahatan ialah sesuatu yang tercetus di dadamu dan engkau tidak suka bila orang lain mengetahuinya.”

 Riwayat Muslim. Maka jika kita menyembunyikan akhlak yang tidak baik (dosa) tetap saja kita tidak bisa menyembunyikannya dari Alloh sang penguasa alam semesta ini, maka akan percuma saja kita bersembunyi melakukan dosa/kejahatan,  semoga kita selalu dalam perlindungan Alloh dan selalu mendapatkan bimbingan dan hidayahnya! Amiin.


Hadits  Dari Ibnu Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila engkau bertiga maka janganlah dua orang berbisik tanpa menghiraukan yang lain, hingga engkau bergaul dengan manusia, karena yang demikian itu membuatnya susah.”

Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Muslim.

Islam sangat menjaga perasaan sesame muslim ataupun non muslim, sehingga kita di anjurkan tidak boleh berbisik berdua sementara ada seorang yang kita tinggalkan, dan apabila kita hendak melakukan pembicaraan 4 mata, maka kita harus mencari seseorang untuk menemani orang yang sendirian itu, agar tidak menjadi fitnah.


Hadits  Dari Ali Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seseorang di antara kalian memakai sandal, hendaknya ia mendahulukan kaki kanan, dan apabila melepas, hendaknya ia mendahulukan kaki kiri, jadi kaki kananlah yang pertama kali memakai sandal dan terakhir melepaskannya.” Muttafaq Alaihi.

Dalam agama islam berbagai macam akhlah tingkah laku kita harus sesuai anjuran yang telah di sarankan, maka kita tidak boleh semau kita dalam hal apapun karena ada aturannya yang telah di ajarkan dari mulai hal terkecil hingga hal yang paling besar!dulu waktu saya tinggal dan belajar di pesantren Guru-guru ngaji saya selalu mengajarkan hidup sesuai Ajaran/anjuran agama islam, tentang saling mencintai, menghormati, rendah hati dan selalu memegang teguh ajaran agama islam, islam itu sangat indah, damai dan saling menghormati, lalu saya bingung dengan para teroris yang mengatas namaka Islam, saya rasa dia sesungguhnya tidak tahu apa ajaran agama islam tentang alQuran hadist, ijma’ kiyas. Karena tidak saya temukan dalam semua itu. Karena guru saya selalu berkata  bahwa kita harus berjihad dengan sungguh-sungguh, dengan melawan hawa nafsu, bukan melawan/membunuh non muslim.

Andai saja mereka yang megatas namakan islam benar-benar belajar agama dengan sungguh-sungguh maka saya yakin dia akan merasa malu dan insya Alloh akan bertaubat.


Hadits  Dari Ibnu Umar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seseorang di antara kalian makan hendaknya ia makan dengan tangan kanan dan minum hendaknya ia minum dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” Riwayat Muslim

Hadits  Dari Abdullah Ibnu Amar al-’Ash Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Keridloan Allah tergantung kepada keridloan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.” Riwayat Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan Hakim.




0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts