Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban, adalah malam tengah bulan, atau malam ke 15 Bulan Sya'ban (Kalender Islam) atau Malam ke 15 Bulan Rewah (Kalender Sunda). Namun orang-orang Arab banyak tang mengartikan Bulan Sya'ban adalah bulan Pengampunan/Pembebasan Dosa ataupun malam Doa, karena dalam islam sendiri Bulan yang paling di muliakan dan dicintai Rosulillah dan juga Robb, adalah Bulan Rojab, Sya'ban dan bulan Romadhon.
Dalam keterangan Beberapa Ulama menuliskan di beberapa Kitab yang mereka tulis, bahwa pada malam Nisfu Sya'ban Robb membukakan Ribuan Pintu Rahmat, maka pada malam Nisfu Sya'ban  umat Islam yang beribadah hanya karena mengharapkan Ridho Alloh, maka akan di ampuni Dosanya, dikabulkan Doanya, dan di Ringankan Bebannya (Amin yaa Robb).
Banyak juga para Ulama yang melakukan Ritual ibadah pada malam Nisfu Sya'ban setelah Sholat Magrib dengan Berjamaah membaca Surat Yaasin 3x, dan setiap selesai membaca surat Yaasin yang pertama, berdoa meminta Panjang umur dan berkah hidupnya.
Setelah membaca Surat Yaasin yang kedua berdoa meminta di tetapkan Iman islam, dan wafat dalam keadaan Husnul khotimah.
Dan Setelah membaca Surat Yaasin yang ketiga (terakhir) Berdoa meminta Rejeki yang halal dan berkah untuk bekal ibadah dijalan Allah.
Karena para Ulama meyakini juga pada malam Nisfu Sya'ban adalah malam pergantian Buku Catatan amal masing-masing dalam setiap tahunnya.
Namun pada malam Nisfu Sya'ban ada juga orang-orang yang merugi, mereka tidak akan pernah mendapatkan Rahmat dan berkahnya Nisfu Sya'ban, salah satunya adalah orang-orang ini :
* Syirik/Musyrik
* Dukun, Santet, Teluh
* Peramal
* Pemabuk /minuman keras dan sejenisnya
* Durhaka kepada orangtuanya
* Yang bermusuhan /memiliki musuh lebih dari 3 hari.
Naudzubillahi min dzalik.
Semoga kita dijauhkan dari sifat yabg diatas semua *amin*
Semoga bermanfaat dan berkah, Segala kesalahan hanyalah dosa penulis yang bodoh dalam hal Agama islam, dan segala yang baik dan benarnya adlah Hidayah fan petunjuk Alloh melalui para Ulama dan Ustadz yang menyampaikan hukum agama tanpa ada tang disembunyikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Nama Bulan Dalam Agama Islam

“Abdi” Bahasa Sunda ( Warga Negara )

Cerita Dewasa Aku dan ibu kost ( life stories )