Sabtu, 28 Mei 2011

Daerah Kabupaten Bandung Barat memiliki ke Indahan dan ke Asrian yang tak pernah habis di tambah dengan suguhan Kuliner dan wisata, satu di antaranya Bendungan PLTA Cirata dan Buangan yang berlokasi di dekat Gunung Cantaiyan, yang menghubungkan kabupaten bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Purwakarta. PLTA Cirata ini berada di Daerah Desa Ciroyom (kecamatan Cipeundeuy dan Kecamatan Maniis, merupakan satu dari sekian banyaknya objek wisata yang paling banyak dikunjungi. Apalai jika di hari weekend dan Hollyday.

Selain menyajikan keindahan alam bagi pengunjung, PLTA cirata juga memiliki keunikan tersendiri karena banyaknya panjual ikan bakar, ayam bakar dan makanan khas daerah setempat yang patut untuk Anda kunjungi dan Coba.

anda akan merasakan kesejukan dan ke indahan dari pohon-pohon besar yang membuat berjajar sepanjang jalan Cirata.
Bah Kanin penjual Sate marangi (sate khas Cirata/Plered) menuturkan, katanya biasanya jika lagi ramai pengunjung dia bisa meraup penghasilan sampai 3 atau 4x lipat dari hari biasanya. Namun yang menjadi kekurangan di tempat Wisata ini adalah kurangnya Fasilitas Parkir yang kurang nyaman, tempatnya yang sangat sederhana (sepertinya pihak terkait belum serius mengelola lokasi Wisata tersebut.







Bendungan Cirata Terletak di Daerah Cirata II Purwakarta, sedangkan Cirata sendiri berada di  Antara perbatasan 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Cianjur, kapan Bendungan cirata ini mulai di bangun dan siapa yang membangun, maaf jangan tanya Saya, karena Saya tidak tau menau dan tidak pernah ada yang mengasih tau Saya, meskipun Saya orang daerah situ. namun Daerah PLTA Cirata ini sangat indah dan mengasyikan untuk Hiburan selain pemandangannya yang indah juga ada berbagai macam masakan khsnya yang tentunya sangat sayang jika Anda Jalan-jalan atau hanya sekedar lewat ke Bendungn PLTA Cirata ini, salahsatunya adalah Ikan Bakar ikan Bakarnya tersedia dalam 2 macam ada ikan Nila atau Ikan Mas. namun jangan kira Anda sering makan ikan Bakar Nasi Liweut seperti ini, karena ikan Bakar yang di jual di daerah PLTA cirata bumbunya berbeda dengan ikan Bakar lainnya dimanapun, penasaran kah silahkan mencobanya. 
--> Bendungan/Waduk PLTA  Cirata  terletak  antara  perbatasan  kabupaten Bandung  barat, kabupaten Purwakarta, dan  Kabupaten  Cianjur. Selain  panoramanya  yang  indah, sejuk  asri dan  tenang.  ada  juga  tempat  wisata  lain nya yaitu Buangan  yang  menjanjikan  Ayam  bakar,  Ikan  bakar  bersama  nasi  Liweut, sambal  dan  lalapan. Yang disajikan, dan bisa di nikmati  di  saung (gubuk-gubuk)  yang  indah, di  pinggiran  waduk/citarum.dengan resep resep traditional kha daerah Cirata Buangan. Namun  sayang  lokasi  ini sangat  kurang  nyaman  bagi  pengunjung  apa  lagi  weekend,  holyday, dan cuti  Lebaran, karena  parkir yang  tak  teratur, dan  para  pedagang  kaki lima ataupun  pedagang  asongan  membuat  suasana  kurang  nyaman dan  kurang  enak di pandang mata. Selain  itu  para  pihak pengelola  sepertinya  kurang  serius  mengelola area ini,  karna  terlihat  dari  sampah  di sepanjang  jalan,  dan  di pinggiran air  Waduk. Yang    berserakan Area bendungan PLTA Cirata juga selalu di kunjungi para pejalan kaki di setiap minggu pagi, dan jumat Ba'da solat jumata. juga di setiap weekwnd dan hollyday juga banyak dikunjungi para Wisatawan Lokal, bule juga ada tapi jaraaaaaaaaaaaang banget!
Sedangkan Nama Cirata ada 2 tempat yang ada di daerah kawasan Bendungan PLTA cirata, yaitu Cirata dan Cirata II, Cirata berada di daerah Bandung Barat, sedangkan Cirata II berada di daerah Purwakarta. antara dua Cirata itu terseling oleh Bendungan PLTA cirata.
-->

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts