Jumat, 17 Agustus 2012

HUKUM SOLAT JUMAT-BELAJAR AGAMA ISLAM


SOLAT/SHALAT JUM’AT
Solat jumat hukumnya Fardu aen  (WAJIB PERORANGAN) ke setiap Lelaki muslim  (fardu aen adalah wajib ke setiap orang  tanpa ada syarat dan ketentuan apapun) dan pahalanya (ganjaran) juga sangat besar sekali, begitupun Dosanya juga sangat besar bagi mereka yang meninggalkan solat terutama Solat Jum'at. Dan apabila lelaki muslim yang meninggalkan solat jumat 3x bertubi-tubi (berturut-turut,red)tanpa ada udur/alasan yang di bolehkan syara/agama islam maka dia jadi munafik.
jika di suatu pemukiman di kumpulkan untuk solat jumat maka dia tidak masuk dalam hitungan jamaah solat jumat (40 orang minimal).
apabila jamaah tidak bisa berkumpul dalam sebuah masjid karena penuh, maka di perbolehkan bergantian berjamaahnya, dan apabila di suatu kampung/pemukiman lelaki yang solat jumat kurang dari 40 orang, apabila mendengar suara adzan Jumat dari kampung tetangga yang jumlahnya lebih dari 40 orang, maka mereka wajib semuanya mendatangi/bergabung dengan jamaah pemukimam yang jamaahnya lebih dari 40 orang.
Namun kija tidak mendengar adzan Jumat dari kampung tetangga atau kampung manapun, maka jamaah yang kurang dari 40 orang itu wajib mendirikan solat Jumat saja meskipun kurang jamaahnya dari 40 orang, dan mereka semua wajib  harus ihtiaj i'adah ( iadah adalah solat dzuhur/Lohor di hari jumat (satelah solat jumat) karena solat jumat tersebut jamaahnya kurang dari 40 orang.Dan tidak sah Solat Jumat apabila di luar waktu dzuhur/Lohor.Dan solat jum'at jugs harus di kampung masing masing (menurut hukum syara) apabila jamaahnya ada 40 orang lebih,Solat Jumat  Harus di dahului dengah khutbah 2 (syarat Khutbah 2 ada 5 yaitu  : 1.membaca الحمدلله   2.membaca solawat kepada Nabi Muhammad SAW,  3.wasiat akan taqwa ( menyuruh melakukan kewajiban, dan menjauhi Larangan Agama). 3. Syarat khutbah di atas tersebut wajib di lakukan dalam khutbah ke satu, dan khutbah ke dua.  4.membaca sebagian ayat suci alquran dalam khutbah. 5.membaca/mendoakan semua muslim lelaki dan wanita dalam khutbah yang ke dua.            Adapun sunatnya Solat jumat ialah, harus adus/mandi sunah,( Adus/mandi sunah sendiri di anjurkan sebelum solat Jumat, sebelum solat Lebaran, dan setelah memandikan jenazah), sunah/sunat memakai pakaian serba putih bersih, dan memakai wewangian yang tanpa alcohol, _menurut guru ngaji saya Alcohol itu haram karena nazisnya_Dan sangat di amjurkan, sunah membaca surat Kahfi dan solawat kepada Nabi di setiap hari Jumat, dan malam jumat.  Dan setelah selasai melakukan solat Jumat sunah langsung menbaca surat al-ikhlas 7x, surat al-falak 7x, surat annas 7x, dalam posisi masih duduk tahiyat akhir,  terus surat al-fatihah 7x,  dan membaca doa yang sudah lumrah (kawarid).
riyadul badi'ah!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar