Jumat, 17 Agustus 2012


Zakat Fitrah-Rukun Islam

Wajib membayar zakat Fitrah ke setiap muslim lelaki & wanita, pada usia (masih berkesempatan Hidup) Bulan Ramadhan/Romadon, hinggaa hari Lebaran sebelun fajar (setekah waktu Subuh)  seorang lelaki muslim wajib mengeluarkan/membayar Zakat untuk dirinya, anaknya (apabila anknya belum memiliki penghasilan), isterinya dan siapa saja yang tinggal di rumahnya (termasuk sudaranya  dan Pembantunya) wajib juga dia membayarkan zakat Fitrah untuk orang tuanya, apabila orang tuanya tidak mampuh (tidak memiliki) untuk membayar Zakat fitrah karena Fakir/miskin.
Membayar Zakat fitrah sebayank satu kulak perorangan (satu kulak= 3,25=3.1/4 Liter)tapi kebanyakan Orang membayar Zakat dengan jumlah 3,5 Liter dan itu sangat kebih baik,
Waktu Membayar zakat adalah boleh siang hari awal Bulan Ramadhan, sampai hari Lebaran sebelum solat lebaran, akan tetapi Afdolnya membayar zakat adalah pagi pagi di hari Lebaran sebelum solai ied/solat lebaran. Atau di malam Lebaran/Malam Takbiran,  di makruhkan ( makruh adalah mendapat pahala apabila di tinggalkan, dan tidak di siksa apabila di lakukan, tapi  makruh dalam ibadah ialah dapat mengurangi pahala ibadah tersebut. Makruh juga dapat menjadi dosa apabila di lakukan terus menerus) Makruh membayar Zakat fitrah sesudah solat Lebaran, dan haram membayar zakat fitrah mengahirkan sampai waktu Magrib hari lebaran. Maka dia wajib Qodo karena  dia wajib membayar Zakat fitrah akan tetapi tidak sah zakat fitrah tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive