Rabu, 15 Agustus 2012

ilmu pengetahuan agama islam yentang pengertian Iman keyakinan hati kepada Tuhan (Alloh)


بسم الله الرحمن الرحيم
Segala puji hanyalah milik Alloh tuhan pencipta dan pengatur alam semesta raya beserta seluruh apapun yang ada di langit dan bumi. Dan Rahmat Alloh yang utama beserta salamnya yang sempurna tetap hanya milik Nabi Besar kita Baginda Rasulullah SaW dan juga keluarganya beserta Sahabatnya semuanya. Setelah mengucah Basmalah Sholawat dan Salam maka setelah itu Tulisan ini dinamakan “Irsyadul Anam pi tarjamati Arkanil Islam” Artinya petunjuk Kebaikan untuk Manusia, menerangkan artinya Rukun islam. Dalam tulisan ini semuanya hasil salinan (terjemahan) kitab pqih (bahasa Arab) yang mu’tamad.yang di terjemahkan ke bahasa Sunda.
PASAL 1.
Wajib ke setiap manusia yang mukalap (manusia yang berakal, baligh/Dewasa) mencari/belajar Ilmu Agama islam, dan juga wajib kepada orang tua/wali, ataupun Suami mengajarkan Ilmu tentang agama Islam kepada keluarganya (kepada anak-anaknya, istrinya, dan siapapun yang tinggal bersamanya) dan apabila dia tidak paham tentang ilmu agama Islam, maka wajib dia memasrahkan untuk di ajari oleh orang yang mengerti ajaran ilmu-ilmu agama Islam yang mau mengajari keluarganya.
Dan apabila wanita maka harus wanita jugalah yang mengajarkannya, akan tetapi apabila tidak ada wanita yang bisa mengajarkannya maka  di bolehkan diajarkan oleh Lelaki juga dengan Syarat  harus selamat/ menghindari  dari Fitnah serta wajib memakai hijab/ penghalang anatara mereka.
PASAL 2.
Baligh/dewasa Menurut agama islam yaitu Orang yang sudah sempurna umurnya 15 tahun (dihitung dengan bulan Hijriyah) hitungan bulam Islam berlaku untuk semua Lelaki dan Wanita. Atau dia pernah mimpi bersetubuh (jima’) dan mastrubasi biasanya usianya minimal 9 tahun atau lebih, dan juga bagi Wanita yang pernah mengalami Haid dengan usia minimal 9 tahun atau lebih, maka semuanya itu sudah Baligh/dewasa menurut agama Islam.
PASAL 3
Nikmat (ni’mat) Alloh taa’la yang paling Besar yang di berikan kepada Hambanya adalah Ni’mat Islam dan ni’mat Iman, sebab seluruh amalan yang baik  amalam iman islam akan menjadi sebab/syarat masuk Surga dan selamat dari api Neraka.
PASAL 4.
Artinya Iman adlah percaya dan yakin akan rukunnya Iman yang 6 :
1.     Percaya akan Alloh taa dengan tekad menegaskan dalam hati akan sagala yang wajib pada Alloh taa’la dan yang mustahil pada Alloh taa’la serta yang wenang pada Alloh taa’la, seperti yang sudah di jelaskan dalam kitab 20 sipat Alloh Taa’la.
2.     Percaya akan semua Malaikat-malaikat Alloh taa’la. yang wajib kita tahu nama dan tugas Malaikat hanya 10 (1.Jibril menyampaikan wahyu,2. Mika,il menurunkan Hujan dan Rejeki, 3.Asropil meniup terompet Hari kiamat dan setelah kiamat, 4. Ajro,il mencabut nyawa, 5. Munkar,dan 6. Nakir menanyai makhluk yang sudah meninggal, 7.Rakib dan 8. Atid mencatat/menuliskan amalan manusia yang baik maupun yang buruk, 9. Malik penjaga (juru kunci Neraka), 10. Ridwan penjaga (juru kunci Surga)
3.     Percaya akan semua kitab-kitab Alloh taa’la, yang wajib kita tahu Namanya hanya 4:
1. Tauret, 2. Zabur, 3.Injil, dan 4. Alqur’an.
4.    Percay akan semua Rasull-rasull Alloh taa’la, yang wajib kita tau hanya 25 Rasul                (1.Adam  as, 2.Idris as, 3.Nuh as, 4.Hud as, 5.Sholih, 6.Ibrahim as, 7. Luth as, 8.Ismail as, 9. Ishak as, 10.Yakub as, 11.Yusuf as, 12.Ayub as, 13.Shuaib as. 14.Harun as, 15.Musa as, 16.Yasa as, 17.Dzulkifli as, 18.Daud as, 19.Sulaiman as, 20.Ilyas as,  21.Yunus as, 22.Zakariya as,  23.Yahya as, 24.Isa as, 25.Muhammad saw.
5.    Percaya kepada Hari kiamat (pengertian kiamat adalah kebagi 2 macam 1, kiamat sughro/kiamat kecil kematian Orang seorang atau lebih banyak.  2 kiamat Kubro/kiamat  kehancuran/kematian seluruh alam beserta yang ada di dalam alam  semesta.
6.    Percaya akan kepastian yang sudah ditentukan oleh Alloh taa’la baik itu yang sudah terjadi, yang sedang terjadi, maupun yang belum/akan terjadi,baik maupun Buruk,  bahwa semuanya hanya karena ketentuan dan ijin, adalah kehendak Alloh taa’la.
PASAL 5
Artinya Islam itu adalah Menerima akan segala semua perintah Alloh taa’la dengan menjalankan, melakukan akan rukun-rukun Islam yang 5 (1. Mengucap dua kalimah Syahadah serta harus mengerti akan maknanya,   2.mendirikan Sholat yang lima waktu,   3. Mengeluarkan/memberikan Zakat,apabila memiliki suatu barang yang wajib di zakati   4. Puasa di Bulan Ramadhan sebulan penuh,   5. Berangkat Haji jika mampu di perjalannya (bekal, fisik dll)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar