Zakat Fitrah-Rukun Islam-belajar-ilmu pengetahuan-agama islam online


Wajib membayar zakat Fitrah ke setiap muslim lelaki & wanita, pada usia (masih berkesempatan Hidup) sampai Bulan Ramadhan/Romadon, hinggaa hari Lebaran sebelun fajar (setelah waktu Subuh)  seorang lelaki muslim wajib mengeluarkan/membayar Zakat untuk dirinya, anaknya (apabila anknya belum memiliki penghasilan), isterinya dan siapa saja yang tinggal di rumahnya (termasuk sudaranya  dan Pembantunya) wajib juga dia membayarkan zakat Fitrah untuk orang tuanya, apabila orang tuanya tidak mampuh (tidak memiliki) untuk membayar Zakat fitrah karena Fakir/miskin.
Membayar Zakat fitrah sebayank satu kulak perorangnya (satu kulak= 3,25=3.1/4 Liter) tapi kebanyakan Orang membayar Zakat fitrah dengan jumlah 3,5 Liter dan itu sangat kebih baik, 
Waktu Membayar zakat adalah boleh siang hari awal Bulan Ramadhan, sampai hari Lebaran sebelum solat lebaran, akan tetapi lebih utama  membayar zakat fitrah adalah pagi-pagi di hari Lebaran sebelum solat ied/solat lebaran. Atau di malam Lebaran/Malam Takbiran,  dan di makruhkan ( makruh adalah mendapat pahala apabila di tinggalkan, dan tidak di siksa apabila di lakukan, tapi  makruh dalam ibadah ialah dapat mengurangi pahala ibadah tersebut. Makruh juga dapat menjadi dosa apabila di lakukan terus menerus) Makruh membayar Zakat fitrah sesudah solat Lebaran, dan haram membayar zakat fitrah mengahirkan sampai waktu Magrib hari lebaran. Maka dia wajib Qodo karena  dia wajib membayar Zakat fitrah akan tetapi tidak sah zakat fitrah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Nama Bulan Dalam Agama Islam

“Abdi” Bahasa Sunda ( Warga Negara )

Cerita Dewasa Aku dan ibu kost ( life stories )