Selasa, 23 Oktober 2012


Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Bacharuddin Jusuf Habibie ( BJ Habibie ) adalah pria kelahiran Pare-Pare (Sulawesi Selatan) pada tgl 25 Juni 1936. Bj Habibie pernah menjadi Presiden ke-3 Indonesia menggantikan Soeharto kurang lebih selama 16 Bulan, yang sebelumnya menjadi Wakil Presiden RI ke-7 selama 2 Bulan. Bj Habibie berdarah Jawa (dari ibunya/ R.A. Tuti Marini Puspowardoyo) sedangkan Ayahnya (Alwi Abdul Jalil Habibie) asli orang Makasar/Pare-Pare.
Menurut Orang tuanya Bj Habibie (yang gemar menunggangi Kuda) ini sejak kecil memang sudah terlihat dan di akui kecerdasannya akan ilmu pengetahuan tentang teknologi/Fisika. Beliau pernah menimba ilmu di Universitas Indonesia Bandung yang sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), selama 6 Bulan (tapi ada juga yang mengatakan 1 Tahun) dan kemudian melanjutkannya ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan biaya dari ibunya (dari ibunya/ R.A. Tuti Marini Puspowardoyo). Yang bermata pencaharian sebagai tukang Ketring dan tinggal/kost di Daerah bandung setelah ayahnya (Alwi Abdul Jalil Habibie) Wafat karena serangan Jantung.
Berbeda dengan rata-rata mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa di luar negeri, kuliah Habibie (terutama S-1 dan S-2) dibiayai langsung oleh Ibunya yang melakukan usaha catering dan indekost di Bandung setelah ditinggal pergi suaminya (ayah Habibie). Habibie mengeluti bidang Desain dan Konstruksi Pesawat di Fakultas Teknik Mesin. Selama lima tahun studi di Jerman akhirnya Habibie memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik (catatan : diploma teknik di Jerman umumnya disetarakan dengan gelar Master/S2 di negara lain) dengan predikat summa cum laude.
Pak Habibie melanjutkan program doktoral setelah menikahi teman SMA-nya, Ibu Hasri Ainun Besari pada tahun 1962. dan dikaruniai dua orang anak ( Ilham Akbar dan Thareq Kemal ) Bersama dengan istrinya tinggal di Jerman, Habibie harus bekerja untuk membiayai biaya kuliah sekaligus biaya rumah tangganya. Habibie mendalami bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang. Tahun 1965, Habibie menyelesaikan studi S-3 nya dan mendapat gelar Doktor Ingenieur (Doktor Teknik) dengan indeks prestasi summa cum laude. Dan 2 tahun kemudia Bj Habibie menjadi Profesor kehormatan/guru besar Di Institut Teknologi Bandung (ITB),
Sebagian Karya beliau dalam menghitung dan mendesain beberapa proyek pembuatan pesawat terbang :

* VTOL ( Vertical Take Off & Landing ) Pesawat Angkut DO-31.
* Pesawat Angkut Militer TRANSALL C-130.
* Hansa Jet 320 ( Pesawat Eksekutif ).
* Airbus A-300 ( untuk 300 penumpang )
* CN - 235
* N-250
* dan secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam menghitung dan mendesain:
• Helikopter BO-105.
• Multi Role Combat Aircraft (MRCA).
• Beberapa proyek rudal dan satelit.

Karier yang pernah BJ Habibie jabat di Negri kita Indonesia (saya ambil dan saya kumpulkan dari Internet) berikut adalah :

* 1976 - 1998 Dirut (Direktur Utama) PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara/ IPTN.
* 1978 - 1998 sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
* 1978 - 1998 Direktur Utama PT. PAL Indonesia (Persero).
* 1978 - 1998 Ketua Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam/ Opdip Batam. (menurut warga Batam Jembatan Barelang/teuku fisabilillah adalah karya Bj Habibie yang sekarang menjadi Icon nya Pulau Batam.
* 1980 - 1998 Ketua Tim Pengembangan Industri Pertahanan Keamanan (Keppres No. 40, 1980)
* 1983 - 1998 Direktur Utama, PT Pindad (Persero).
* 1988 - 1998 Wakil Ketua Dewan Pembina Industri Strategis.
* 1989 - 1998 Ketua Badan Pengelola Industri Strategis/ BPIS.
* 1990 - 1998 Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-lndonesia/lCMI.
* 1993 Koordinator Presidium Harian, Dewan Pembina Golkar.
* 10 Maret - 20 Mei 1998 Wakil Presiden Republik Indonesia
* 21 Mei 1998 - Oktober 1999 Presiden Republik Indonesia
Masih banyak lagi yang menjadi karya dan jasa BJ Habibie namun hanya ini yang bisa saya Share dengan Anda, Hebat-hebat ya Orang Indonesia, namun kenapa selalu ter abaikan oleh pemerintah?? Dan kurang bagitu terkenal (kebanyakan di Indonesia yang terkenal Artis kontroversial atau Koruptor, ck ck ck terkenal dengan keburukannya/Aib) membuat mereka pindah dan menjadi warga negera asing, meskipun kadang mereka suka mengaku “Saya Orang Indonesia”.

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive