PUASA SUNAH / SUNAHNYA PUASA ( ilmu Fiqih )


Sunnah (kependekan dari kata Sunnaturrasul, berasal dari kata sunan yang artinya garis) dalam Islam mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan / tradisi yang dilaksanakan oleh Rasulullah. Sunnah merupakan sumber hukum kedua dalam Islam, setelah Al-Quran.Narasi atau informasi yang disampaikan oleh parasahabat tentangsikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah disebut sebagai hadits. Sunnah yang diperintahkanoleh Allah disebutSunnatullah
Puasa sunah adalah puasa yang tidak di wajibkan (apabila dilakukan akan mendapatkan pahala dan hikmahnya, namun apapbila tidak di lakukan maka tidak berdosa/tidak akan di siksa di akhirat nanti, kecuali dala seumur hidup belum pernah melakukannya meskipun sekali saja). “wallohu a’lam bi murodihi”.
Adapun puasa-puasa Sunah akan saya share ke Sahabat Aslam bagi yang belum mengetahuinya, namun apapbila sahabat Aslam telah mengetahuinya, atau saya ada kesalahan mohon mengingatkan saya lagi, karena perbedaan adalah Rahmat tergantung kita yang menyikapinya J.
1.     Sunah berpuasa 6 hari di Bulan Syawal, lebih apdolnya dimulai dari tgl 2 Syawal (sehari setelah hari Raya Idul Fitri), menurut Guru ngaji saya yang sekarang sudah Al marhum  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimana apabila kita berpuasa maka semua pahalanya akan di kali sepuluh kali lipat, termasuk puasa kita biasanya Bulan Ramadhan/puasa kita seringnya 30 hari (30x10=300) hari kita puasa, namun apabila di tambah dengan 6 hari puasa di Bulan Syawal (istilah bahasa orang Sunda Nyawalan) maka penghitungannya (30 puasa Ramadhan x10 lipat =300+ 6 hari puasa Syawal x10 =60, maka 360 hari kita puasa jika di jumlahkan dengan puasa syawal & Ramadhan) maka genaplah kita puasa setahun pahala dan hikmahnya jika kita puasa Syawal juga.
2.     Di Sunahkan juga berpuasa setiap tanggal 8 & 9 di Bulan Haji (Bulan Dzulhijah), yang dinamakan Puasa Tarwiyah ddan puasa Arofah.
3.     Dan di sunahkan juga berpuasa di setiap tanggal 9 & 10 Bulan Muharrom yang sering di Sebut Puasa Tasu’a & Puasa Asyuro.
4.     Dan di sunahkan juga berpuasa di setiap bulan Rojab, Sya’ban dan bulan lainnya bulan-bulan islam, dan di hari senin & kamis kecuali hari Tasyrikh hari yang di haramkan untuk Orang Islam berpuasa yaitu hari Idul fitri, dan hari Idul Adha ke 1 & hari Idul Adha ke 2.
Demikian yang dapat saya Share untuk menambah Ilmu pengetahuan tentang Agama Islam, mari kita berbagi ilmu pengetahuan Agama Islam agar kita selalu menjadi Umat yang berbakti bagi nusa bangsa dan Agama. “Amin”
Sumber tulisan dari Pesantren Al-Munawwaroh & kitab Irsyadul Anam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Nama Bulan Dalam Agama Islam

“Abdi” Bahasa Sunda ( Warga Negara )

Cerita Dewasa Aku dan ibu kost ( life stories )