Senin, 09 September 2013


بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan nama الله yang maha pengasih lagi maha penyayang. Namun kebanyakan para ulama mengartikan بسم الله الرحمن الرحيمdengan arti  “ aku mengawali dengan menyebut asma الله yang memberikan ni’mat/nikmat besar/umum di Dunia dan di Akhirat lagi yang memberikan nikmat/ni’mat khusus di Akhirat saja.
Sesungguhnya setiap nama/asma اللهyang maha sempurna pekerjaannya dan sifatnya. Mengharap berkah kepada الله dengan menyebut asmanya beserta pujian bagi الله serta meminta pertolongan kepadanya, sudah di jelaskan oleh Guru besar (ulama) syeh Ahmad Dimiyati dalam kitab Hasiyah (khasiat) usul Fiqih.
Setiap Ulama selalu mengawali tulisan-tulisannya dengan lafad Basmallah, di karenakan mengikuti Kitab Suci al Quran yang agung mulia. Yang selalu di awali dengan lafad Basmallah, begitu juga di Lauh mahfudh.
Seperti Hadist
بسم الله الرحمن الرحيم
ان اول ما كتبه القلم انا التواب وانا اتوب على من تاب
Sesungguhnya perkara/hal awalnya yang sudah di tulis dengan Qalam, sesungguhnya kami (الله) yang agung yang banyak menerima Taubatnya  manusia yang bertaubat.
Dan Itu tetap tertulis di tiangnya Arasy, dan menurut akan perintahnya Nabi Muhammad bersabda :
اول ما كتبه القلم بسم الله الرحمن الرحيم واذا كتبتم كتابا فاكتبوها اوله وهى مفتاح كل كتاب انزل ولما نزل على جبريل بها اعادها ثلاثا وقل هى لك ولاًمتك فمرهم لايدعوها فى شىٍ من امورهم فاٍنى لم ادعها طرفة عين منذ نزلت على ابيك ادم عليه السلام وكذا الملاٍكة
Sesungguhnya perkara/hal yang pertama kali di tulis oleh Qalam (القلم) yaitu tulisan Basmallah(بسم الله الرحمن الرحيم)dan dimana-mana menulis (kebaikan dari agama) dari kalian kitab atau ilmu agama maka harus menulis kamu sekalian dengan di awali lafad Basmallah, karena Basmallah adalah kuncinya setiap kitab-kitab yang di turunkan (الله). Dan ketika datang padaku (kepada nabi Muhammad) Malaikat Jibril membawa Basmallah maka mengulang malaikat Jibril akan Basmallah sebanyak 3x, lalu berkata malaikat Jibril “Basmallah itu hanya untukmu ya Nabi Muhammad dan umatmu, maka harus menyerukan/memerintahkan kamu kepada mereka (Umatmu), jangan meninggalkan umatmu akan Basmallah dalam suatu perkara yang tetap dalam setiap urusan umat (Agama). Dan sesungguhnya Muhammad aku (malaikat Jibril) tidak pernah meninggalkan ucapan Basmallah walau sekedip mata sekalipun semenjak di turunkannya (ada) basmallah kepada bapak kita semua (Nabi Adam AS) dan begitu pula para malaikat yang lainnya.
Dan sabda Nabi yang lainnya tentang Basmallah :
اذا كتبتم كتبا فاكتبوا فى اوله بسم الله الرحمن الرحيم واذا كتبتموها فاًقرءوها
Apabila menulis kamu sekalian akan kitab (kitab disini adalah tulisan tentang Agama) maka harus menulis kamu sekalian di awal tulisan dengan بسم الله الرحمن الرحيم  dan apabila kamu sekalian menulis Basmallah maka harus membacanya juga akan lafad/kalimat Basmallah.
Dan sabda Nabi tentang Basmallah :
انه قال تخلقوا باخلاق الله ولاشك ان عاد ته تعالى فى ابتداٍ كل سرة الاتيان بالبسملة سوى براءة فنحن ماءمورون به
Sesungguhnya Nabi Muhammad bersabda harus mencontoh kalian semua akan akhlaknya الله dan jangan ragu (tidak di ragukan lagi) sesungguhnya الله di setiap memulai surat-surat al Quran selalu mendatangkan Basmallah Selain Surat Attaubat dan di perintahkan kita akan Taubat.
Dan karena mengamalkan Hadist Abu Daud dan selain Abu Daud
كل امر ذى بل لايبداء فيه بسم الله الرحمن الرحيم فهو ابتر اواجذم
Sesungguhnya setiap perkara/perbuatan yang baik/bagus (yang menurut dalam Agama) yang tidak di awali dengan Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) maka perbuatan/perkara itu bagaikan Hewan tanpa ekor, atau tangan. Dan maknanya اجذم dengan Huruf dal memakai titik, bisa di maknakan dengan nama penyakit yang hina, atau juga di maknakan dengan tangannya yang terputus (buntung) atau potong kedua kakinya atau salahsatu kakinya. “untuk keterangan lebih jelas silahkan baca Kitan Safinatun Najjah”
Setiap perkara yang baik yang bertentangan dengan Hati, dan apabila perkara itu tidak di awali dengan Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) maka perkara itu ibarat Binatang yang ekornya di potong, atau seperti Manusia yang butung/potong semua tangannya, atau seperti Manusia yang buntung semua jari tangannya, atau seperti manusia yang memiliki penyakit Raja singa (kusta/Corob). Dari kurangnya atau celanya ini perkara menurut Syara’ walaupun sempurna perkara ini. Dan masih di perebutkan tentang Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) apakah satu ayat dari bagian ayat surat al fatihah dan dari surat-surat lainnya. Namun menurut imam Maliki sesungguhnya Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) bukanlah satu ayat dari surat al Fatihah, dan juga bukan sebagian dari surat-surat al Quran.
Dan menurut perkataan Abdillah bin Mubarok, sesungguhnya Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) itu itu satu ayat dari surat-surat al Quran.
Dan menurut imam Syafei sesungguhnya Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) itu adalah satu ayat dari Surat al Fatihah. Dan mengulang-ulang imam Syafei di selain surat Fatihah, dan tidak ikhtilaf (berbeda pendapat) Ulama akan Basmallah pada Surat Naml yang mengatakan Basmallah adalah satu ayat dari al Quran.
Dan maknanya Basmallah itu adalah Agung dan mulia, yang selalu di cari (di harapkan sekali) menurut Syara’. Adapun maknanya di cari/di harapkan akan kebaikan, namun jika mau melakukan sesuatu yang di Haramkan atau yang di Makruhkan oleh الله maka tidak di perbolehkan membaca Basmallah terlebih dahulu (di haramkan).
Dan tetap di terangkan tentang khasiatnya Basmallah, barang siapa yang membaca basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) sebelum Tidur sebanyak 21x maka الله akan menyelamatkan/menjaga  tidurnya sepanjang malam dari gangguan Syetan laknatulloh. Dan akan di selamatkan Rumahnya sepanjang malam dari kejahatan dan dijaga dia dari meninggal mendadak.dan sebagainya seperti ucapan Syeh Ahmad Showi.
Dan banyak lagi tentang keagungan kemuliaan dan khasiat-khasiat tentang Basmallah seperti dalam kitab Sulamunajah, Safinatunajjah, Uqudillujain, dan kitab-kitab karangan Ulama-ulama lainnya.
Semoga ilmu yang saya tulis ini bermanfaat bagi saya Khususnya dan bagi para pembaca umumnya, dan saya mengizinkan bagi siapa saja jika ada yang mau Copast semua article Blog saya tentang Agama, asal memberitahukan saya terlebih dahulu.
Wassalam
Anak Ahmad Munawwar yang sangat Miskin dan butuh akan Rahmat dan ampunan Alloh.

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive