Selasa, 10 September 2013



 

Rukun islam ada 5, maka tidak akan berdiri agama Islam jika salahsatu yang lima ini tidak di jalankan.
Islam menurut Logat (bahasa) adalah taat/menurut akan semua Hukum-hukum bangsa Syara, dan juga di bahasakan Islam itu adalah perbuatan/amal. Begitulah pengertian sebagian kecil tentang Islam.

1, membaca dua kalimah Syahadat (اشهد ان لااله الا الله و اشهد ان محمد رسول الله) artinya tidak ada tuhan yang wajib dan pantas untuk di sembah dan di taati kecuali الله yang sebenarnya. الله yang memiliki sifat dengan sifat-sifat yang sempurna. Yang tidak akan ada akhirnya (tamat). Dan tidak akan ada yang mengetahui kesempurnaan الله kecuali الله semata yang di bersihkan dari sifat-sifat kekurangan (aib ataupun cacat/cela), yang esa tanpa ada sekutu dan teman yang merajai (menjadi Tuhan) dan mengurus muka bumi dan segala isinya. الله yang esa dalam dzatnya, dan sifatnya, dan segala perbuatan/ciptaannya.
Dan sesungguhnya Nabi Muhammad (bin Abdulloh bin Abdil Mutholib bin Hasyim bin Abdi Manaf) adalah Rasulnya الله .dan berbeda pendapat para Ulama dalam hal di utusnya Nabi Muhammad kepada semua malaikat, ada dua Pendapat. Dan sudah menentukan Imam Hulami dan Imam Baihaqi mengatakan sesungguhnya Nabi Muhammad tidak ada buktinya baginda Nabi Muhammad di utus kepada semua Malaikat. Berbeda pendapat dengan Imam Suyuti dan Imam Taqiyudin Subki yang mengatakan sesungguhnya Nabi Muhammad di Utus kepada semua Makhluk termasuk malaikat semuanya, dan Imam Subqi juga menambahkan sesungguhnya Nabi Muhammad itu di utus juga ke semua malaikat para nabi dan para Malaikat dan Umat-umat yang terdahulu semuanya. Namun Sabda Nabi yang berbunti : di utus saya kepada semua manusia yaitu seluruh manusia dari Nabi Adam sampai Hari Kiamat. Dan mengunggulkan akan pendapat ini seorang Ulama yang bernama Syekh Barizi. Dan juga Syekh Barizi menambahkan  sesungguhnya Nabi Muhammad di utus kepada semua manusia, Hewan, dan setiap yang ada di Dunia ini, baahkan untuk dirinya sendiri. Seperti Hadist dalam Kitab “Tazyinil Aroiki” yang berbunyi dan di utus saya kepada semua Makhluk seluruhnya.
Imam Bajuri berkata “dan sudah terbukti dan berpendapat semua Ulama bahwa tetap sebagian dari kesempurnaan iman itu adalah bertekad sesungguhnya kelakuan yang tidak berkumpul golongan yang tetap pada suatu kebaikan yang nyata dan tidak nyata (Lahir batin)seperti perkara/hal yang ada pada Nabi Muhammad.

2,  Mendirikan Shalat (solat) Solat alah Ibadah yang paling Utama/unggul dalam Agama Islam bangsa Dohir/lahiriyah, lalu setelah Solat ibadah yang paling Utama adalah Puasa, lalu Ibadah haji, lalu Zakat. Sebenarnya tentang Solat sudah saya share di Article Blog saya ini sebelumnya (silahkan Sahabat cari aja di pencarian tentang “Solat”. Solat yang Wajib/Fardhu adalah Ibadah wajib yang paling Utama, begitu juga dengan Solat Sunah, Solat sunah juga merupkan Ibadah Sunah yang paling utama dari semua Ibadah Sunah. Tidak ada yang di perbolehkan manusia untuk meninggalkan Solat Wajib selama Manusia itu masih memiliki Akal sehat.
Dan Ibadah bangsa badan dan Bangsa Hati seperti, Iman, Ma’rifat (mengenal الله) Tafakur (memikirkan ciptaan الله dan mengabil pelajaran/ilmu, Tawakal (berserah diri/pasrah), Sabar, selalu Berharap الله , Ridho/ikhlas akan Takdir yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi, Cinta akan الله , Taobat, menghindari dari penyakit hati seperti Loba/Rakus, dan beribadah bangsa Badan yang paling utama adalah Solat. Dan perlu sahabat untuk di ketahui sesungguhnya bertfakur satu jam lebih baik dari Ibadah 60 tahun. Namun dari semua itu yang paling utama adalah Iman.
Imam Jumhur mengatakan sesungguhnya Ibadah Mikir (tafakur) itu terbagi menjadi 5 bagian, @selalu berfikir akan tanda-tanda Kekuasaan الله , dan itu membuat dia semakin yakin dan kuat Imannya kepada الله . @selalu berfikir akan Nikmat (ni’mat) الله dan itu membuat dia semakin Cinta dan Taat kepada الله . @selalu berfikir akan janji-janji الله  dan itu membuat dia semakin sukan, semangat dan cinta kepada الله . @selalu berfikir akan Ancaman الله , dan itu membuat dia menjadi takut kepada الله . @selalu berfikir akan gegabahnya dirinya sendiri dan itu membuat dia malu akan الله .
Imam Achmad bin Athoillah mengatakan :  Sebagian tanda matinya Hati yaitun tidak menyesali akan Taat/Ibadah yang telah ia lewatkan/tinggalkan. Lalu dia tidak mengambil pelajaran (menyesalinya) dan dia melakukannya lagi, maka dialah orang yang tertipu.
Kebanyakan Para Ulama mengatakan : tanda-tandanya manusia Cinta kepada الله  itu ada 10 tanda :  1# menyakinkan/bertekad sesungguhnya الله itu adalah pemilik segala Puji baik itu dari setiap tingkahnya dan setiap sifatnya dan lainnya.  2# menyakinkan/bertekad sesungguhnya الله itu selalu meberikan kebaikan kepada setiap hambanya dan الله memberikan keni’matan yang melebihi pahala Ibadahnya Hamba itu.  3# harus menyakinkan dirinya bahwa sana kebaikan yang telah الله berikan kepada setiap Hambanya sangan agung dan banyak, bahkan melebihi yang Hambanya Ucapkan setiap saat.  4# menyakinkan diri bahwa sesungguhnya sedikit الله memastikan kepada setiap Hambanya, dan sedikit juga akan meredihnya الله .   5# harus bukti/nyata bahwa sesungguhnya setiap saat, Hamba itu harus malu dan Takut akan الله  jika harus berpaling dari الله  atau hal yang dapat memuliakan الله . tegasnya adalah meng Esakan الله dan berTauhid.  6#  harus bertekad bahwa sanya setiap langkah dan cita-cita Hamba itu adalah memerlukan ijin الله , dan tidak merasa semuanya itu hasil jerih payah dirinya sendiri, dan tidak juga merasa dirinya lebih kaya dari الله .   7# melakukan dan melanggengkan utuk selalu mengingat الله  di setiap waktu setiap saat.   8#  semangat dan rakus akan ibadah kepada الله baik itu dalm Ibadah-ibadah  Wajib, dan juga Ibadah-ibadah  Sunah dengan sekuat tenaga ataupun kemampuan dia.   9# selalu merasa Bahagia apabila mendengakan tentang Perintah/larangan الله dan mengamalkannya (ayat-ayat الله), dan semakin semangat dalam beribadah kepada الله , dan dia berjihad demi mengagungkan Agama الله  baik itu secara sembunyi-sembunyi ataupun secara terang-terangan. Dengan hartanya, jiwa raganya ataupun Anaknya.   *8# dimana seorang hambe mendengar Asma (nama) الله dan dia akan menolong orang tersebut.

3, .mengeluarkan Zakat. Bagi Orang yang sudah Nishab (jatuh tempo wajib Zakat). Dan Zakat juga wajib di berikan kepada Mustahiknya (orang yang Boleh/sah menerima Zakat). Dan Orang yang Boleh menerima (Mustahik Zakat) ada *8. Golongan/Orang yaitu :  *1. Fakir, Fakir disini adalah Orang yang tidak memiliki Harta benda dan juga Pekerjaan/kasab. Dan yang  di maksud kasab disini adalah mencari nafkah untuk (kehidupan) hari esok dan seterusnya, atau memiliki harta namun tidak menutupi kelaparan untuk hari ini.  *2. Miskin , miskin disina adalah orang yang mampuh mengais rejeki (bekerja) namun masih tetap tidak mencukupi, miskin disini adalah oranga yang hanya mencukupi kebutuhannya 50% - 90%. Dan tidak sampai 100% dan tidak mampuh mendapatkan penghasilan sampai 100% untuk kebutuhan/resiko kehidupannya anak istrinya.  *3. Amil. Amil adalah orang yang bertugas mengumpulkan Zakat dari Orang-orang yang jatuh tempo wajib Zakat atau yang mencatat Zakat (mengurus/membagikan).  *4. Mualaf. Mualap adalah Orang yang baru masuk Islam, namun masih lemah pemahaman/keyakinan imannya. Dan di tolong dengan harta Zakat.  *5. Riqob, Riqob adalah Budak mukatib, adalah Budak yang berhak menerima Zakat, karena selain Mukatib itu tetap Rokik. Namun jika Budaknya bangsa Mukatib namun dia bukan Islam maka tidak berhak menerima Zakat, bagitu juga Bani Hasyim dan Bani Muthalib juga tidak berhak menerima Zakat.  *6. Gorim (yang memiliki Hutang). Yang memiliki Hutang disina bukan hanya Hutang saja, namun Gorim disini adalah orang yang memiliki Hutang karena membela/mengagungkan Agama Islam, seperti membangun Masjid, Majelis Ta’lim, sarana Ibadah lainnya dan sebagainya yang di perbolehkan oleh Syara.   *7. Sabilillah. Adalah Orang-orang yang perang karena membela Agama Islam, atau mengegungkan Agama Islam (mungkin Dulu lebih tepatnya) sekarang Perang dalam Agama Islam adarah perang melawan Dirisendiri yaitu Hawa Nafsu).  *8. Ibnu sabil. Ibnusabil adalah Orang-orang yang  terbagi dua bagian, 1.ibnu sabil majazi, yaitu Orang yang bepergian karena dari daerahnya. 2.ibnusabil Hakiki, yaitu orang yang meninmba ilmu agama (santri), maka mereka berhak mendapakan bagian dari harta Zakat.

4, Puasa sebulan Penuh, di Bulam Ramadhan. Dan di sunatkan Berpuasa juga 6 hari dua hari setelah Lebaran Iedul fitri.(di Bulan Syawal). Di article Blog saya ini sudah saya share tentang pengertian Puasa, atau Sahabat bisa membaca kitab tentang Puasa, seperti kitab Safinatunnajjah, Riyadul Badiah, dan kitab-kitab Fiqih lainnya.

5, Ibadah haji. Pabila mampuh untuk menempuh perjalanannya, dan biayanya, dan juga aman di perjalanannya, namun jika salahsatu semuanya itu ada terkendali, maka Ibadah Haji tidak di wajibkan bagi orang Islam.
Sekian article saya tentang pengertian pondasi/dasar Islam, semoga bermanfaat dan menjadikan Pahala untuk saya apabila kelak saya sudah Meninggal ataupun masih Hidup “amiin”.

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive