Penjelasan dan pengertian Tentang Wudhu

اسلام عليكم ورحمةالله وبركته
Wudhu. Wudhu adalah salah satu Kuncinya Ibadah kita di terima, karena Sholat kita adalah sangat tergantung kepada Wudhu kita juga salahsatunya, maka jangan menyepelekan atau menganggap enteng dengan Wudhu. Dengan kita memiliki Wudhu maka kita akan selalu di ikuti oleh Malaikat Rohmat, dan selalau di Doakan pula oleh Para malaikat selama Wudhu kita belum batal.
Yang di Wajibkan dalam berWudhu hanya ada 6, namun sunahnya Wudhu ada 10, Syaratnya Wudhu ada 6, dan yang dapat membatalkan Wudhu ada 4, maka ijinkan saya untuk membahas satu persatu. Dan yang pertama akan saya bahas tentang Pardunya Wudhu yaitu ada 6 seperti saya akan bahas di bawah ini :
1.       Niat, semua Ibadah dalam Agama Islam memang di wajibkan dengan Niat,  karena sesungguhnya semua amal-amalan menggunakan niat dan tergantung dari Niat itu, lihat di kitab qisoh  mi’raj, dan kitab ta’lim muta’lim, Safinatunnajah, Sulammunajat dan kitab lainnya (maaf saya lupa lagi kitab-kitab apa saja yang membahas tentang Niat)
2.       Membasuh Wajah, membasuh Wajah dalam BerWudhu harus seluruh wajah yaitu dari telinga bagian kanan sampai telinga bagian kiri, dan dari awal tumbuhnya Rambut di atas kening (apabila tidak ada Rambut yang tumbuh maka di sesuaikan saja dengan perkiraan tumbuhnya Rambut saja),  hingga ke ujung Dagu (Gado, bahasa sundanya), namun apapbila dagunya berjenggot maka wajib mengusap jenggot juga. Insya Alloh nanti akan saya bahas juga di bawah. Harus yakin seluruh bagian wajah yang saya terangkan semuanya harus basah dengan air Wudhu seluruhnya dengan merata.

3.       Membasuh tangan dua-duanya beserta sukitnya, disini di jelaskan beserta,bukan sampai, maka sikutnya juga harus di basuh. Guru ngaji saya menerangkan maka harus di basuh juga dengan sikutnya, dan apabila membasuh tangan tidak  beserta/sampai sikutnya maka Wudhunya tidak sah. Saya sering melihat beberapa orang yang melakukan Wudhu mereka membasuh tangan tidak sampai/beserta sikutnya. Wallohu a’lam semoga Alloh menunjukan kebenaran dan petunjuknya kepada mereka semuanya, dan juga kita “amin”.
4.       Mengusap kulit kepala, atau ujung rambut atas sedikit saja.
5.       Membasuh kaki hingga ke mata kakinya dua-duanya. Lebih afdol di lebihi ke atas mata kaki.
6.       Tertib, mendahulukan apa yang harsnya di dahulukan, dan membelakangkan apa yang seharusnya di belakangkan. Untuk mengetahui makna dan hikmah tentang Wudhu silahkan sahabat baca kitab-kitab ulama, salumnajah salahsatunya.  Dan apabila sahabat ingin mengetahui tentang Wudhu, atau Doa-doa Wudhu silahkan menghubungi saya, Inshalloh saya akan membantu dengan sebisa saya.
Syarat-syarat Sahnya Wudhu/wudu ada 6 :
1.       Islam
2.       Tamyij,  berakal dewasa
3.       Menggunakan air yang suci, dan dapat mensucikan
4.       Jangan ada hal suatu benda yang mencegah datangnya basah/air kepada kulit (angota Wudhu)
5.       Harus suci dari haid dan Nifas
6.       Harus mengetahui akan ke parduannya Wudhu dan Sunah.

Sunnah (kependekan dari kata Sunnaturrasul, berasal dari kata sunan yang artinya garis) dalam Islam mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan / tradisi yang dilaksanakan oleh Rasulullah. Sunnah merupakan sumber hukum kedua dalam Islam, setelah Al Quran. Narasi atau informasi yang disampaikan oleh para sahabat tentang sikap, tindakan, ucapan dan cara Nabi Muhammad disebut sebagai Hadis. Sunnah yang diperintahkan oleh Allah disebut Sunnatulloh.
Namun sunah dalam beribadah dapat menyempurnakan Ibadah, dan menambah pahala, apa salahnya jika kita melakukan hal-hal yang dapat menambah pahala kita dalam beribadah dan itu memang di perbolehkan. Adapun sunah-sunah Dalam Berwudhu ada 10 hal :
1.       Membaca Bismilah terlebih dahulu.  Basmallah adalah, 1 ayat dari alfatihah, dan Fatihah adalah salahsatu Rukun dalam Sholat, maka apabila salah satu ayat/lafadz dalam surah alfatihah hilang/tidak di bacakan maka sholatnya tidak sah (keterangan lebih lanjut silahkan buka Kitab Safinatun Najjah, Riyadul badi’ah, dan Sulamunajah atau  kitab-kitab Fiqih lainnya).
2.       Membasuh telapak tangan hingga ke pergelangannya dua-duanya, sebanyak 3x. untuk Doa-Doa dalam berwudhu silahkan buka kitab-kitab yang sudah beredar di toko-toko Kitab/Muslim.
3.       Berkumur sebanyak 3x.
4.       Menghirup air dengan Hidung dan mengeluarkannya sebanyak 3x juga.
5.       Mengusap seluruh rambut/kepala sebanyak 3x
6.       Mengusap 2 telinga, bagian luar dan dalam dengan air  sebanyak 3x.
7.       Mengurai-ngurai Jenggot, apabila Jenggotnya tebal.
8.       Menyela-nyela antara jari-jari tangan dan juga jari-jari kaki.
9.       Mendahulukan angota badan (angota Wudhu) bagian kanan darpada bagian Kiri.
10.    Terus menerus, berurutan, dan semuanya 3x -3x.
Adapun beberapa hal yang dapat membatalkan Wudhu, dan apabila Wudhunya telah batal maka di wajibkan Atas muslim Lelaki dan mUslim Perempuan untuk melaksanakan Wudhu lagi, apabila akan menunaikan Sholat dan membaca/menyentuh Al Quran. Namun apabila sudah di luar kepala/hafal maka tidak di wajibkan melakukan Wudhu apabila mau membaca al Quran. Keterangan lebih lengkap silahkan baca kitab Safinah, Riyadul Badi’ah, Sulam taufik dan kitab-kitab usul Fikih lainnya.
1.       Dan hal-hal yang dapat membatalkan Wudhu ada 4 hal : ada sesuatu apapun itu yang keluar dari Dubur  lubang bokong, ataupun Qubul kemaluan, walaupun angin sekalipun dan tidak terlihat sekalipun, maka dia wudhunya batal.
2.       Hilang akal di akibatkan Tidur, atau selain Tidur maka Wudhunya itu Batal, kecuali Tidurnya Sambil duduk yang tegak tetap, tanpa oleng/goyang.
3.       Bersentuhan Kulit antara Lelaki dan Perempuan, apabila dua-duanya sudah besar/dewasa menurut Agama minimal 9 Tahun. Namun apabila hanya bertemu kulit dengan kuku, Rambut atau apapun selain kulit, maka Wudhunya tidak batal. Itupun apabila Lelaki dan Perempuan itu Bukan Muhrim/mahrom, Muhrim itu adalah dari paman/Bibi ke atas (nasab) bukan ke bawah (anak cucu), seperti dengan sepupuh, ataupun anak sepupuh maka apabila berjenis kelamin beda dengan kita, maka Wdhunya batal. Akarena Dalam agama Islam kita di perbolehkan menikah dengan saudara sepupu kita. Karena dia bukan Muhrim,  orang yang mUhrim adalah : Paman/oom, Bibi/Tante ke atas sampai nabi adam. Keponakan beserta anak cucunya dan seterusnya. Dengan syarat semuanya saudara kandung, bukan Tiri ataupun adopsi.
4.       Menyentuh Qubul/Kemaluan ataupun Dubur Bokong Manusia, bagian pusatnya saja. Apabila menyentuhnya dengan telapak tangan ataupun telapak jari-jari tangan, namun apapbila menyentuh kemaluan/Qubul ataupun Dubur dengan selain telapak tangan/telapak jari tangan maka tidak batal Wudhunya, namun tetap berpatokan ke hal yang dapat membatalkan wudhu yang no 3 di atas.
Haram itu adalah apabila kita (manusia) melakukannya maka akan mendapatkan siksaan dari Robb di dunia ataupun di akhirat, namun yang pasti di akhirat akan mendapatkan balasannya apapun yang kita lakukan selama kita hidup di Dunia. Dan akan mendapatkan pahala/ganjaran yang kita dapatkan di akhirat, namun sesungguhnya apabila kita menjauhi yang di haramkan Alloh maka hati kita akan merasa tenang dan aman. Dan di Haramkan bagi Orang yang tidak mempunyai Wudhu/yang batal Wudhu 4 hal di bawah ini :
1.       Solat, bagi orang yang tidak mempunyai Wudhu/wudhunya telah batal, maka apabila dia melakukan Sholat, bukannya mendapatkan pahala, namun sebaliknya dia akan mendapatkan Siksa/Dosa, maka sahabat sekalian agar lebih berhati-hati dalam beribadah jangan asla tau saja, tapi juga harus paham dan mengerti, apabila kita tidak tau/ragu maka tanyakanlah pada orang yang mengetahuinya. Agar Ibadah yang kita lakukan sehari-hari tidak sia-sia. “amin”
2.       Di Haramkan juga Towaf, bagi Orang yang tidak memiliki Wudhu, wallohu a’lam ya, saya belum naik haji (melakukan Ibadah haji0 Insya Alloh tahun depan maunya) ‘amin” terimakasih Aminnya. J.
3.       Bagi Orang yang tidak memiliki Wudhu/batal atau tidak sah Wudhunya, di Haramkan menyentuh al Quran. Ataupun sebagian ayat al Quran sekalipun satu ayat. Lihat keterangan dalam Kitab Safinatunnajah, Riyadul Badi’ah, Sulam Taufik, Sulamunajah dan kitab-kitab Fiqih lainnya.
4.       Haram membawa al Quran, di terangkan apabila membawa al Quran saja, namun apabila membawa al Qurannya beserta barang-barang lainnya maka itu di perbolehkan (Wallohu a’lam).
Dan di haramkan bagi Muslim yang memiliki Junub (yang belum melakukan mandi Wajib setelah mastrubasi baik karena sengaja, ataupun tidak di sengaja) dan Wanita yang masih Haid/Nifas. 10 hal taitu :
1.       Solat, maka apabila dia melakukan Sholat, bukannya mendapatkan pahala, namun sebaliknya dia akan mendapatkan Siksa/Dosa, maka sahabat sekalian agar lebih berhati-hati dalam beribadah jangan asla tau saja, tapi juga harus paham dan mengerti, apabila kita tidak tau/ragu maka tanyakanlah pada orang yang mengetahuinya. Agar Ibadah yang kita lakukan sehari-hari tidak sia-sia. “amin”
2.       Di Haramkan juga Towaf, bagi Orang yang tidak memiliki Wudhu atau Junub, wallohu a’lam ya, saya belum naik haji (melakukan Ibadah haji) Insya Alloh tahun depan maunya) ‘amin” terimakasih Aminnya.
3.       Bagi Orang yang tidak memiliki Wudhu/batal atau tidak sah Wudhunya atau Junub, di Haramkan juga menyentuh al Quran. Ataupun sebagian ayat al Quran sekalipun satu ayat. Lihat keterangan dalam Kitab Safinatunnajah, Riyadul Badi’ah, Sulam Taufik, Sulamunajah dan kitab-kitab Fiqih lainnya.
4.       Haram membawa al Quran, di terangkan apabila membawa al Quran saja, namun apabila membawa al Qurannya beserta barang-barang lainnya maka itu di perbolehkan (Wallohu a’lam).
5.       Haramberdiam/itikaf di Masjid.
6.       Di Haramkan juga  membaca al Quran apabila yang Haid atau pun Muslim yang Junub, apabila dia hafal ayat-ayat al Quran, meskipun satu ayat saja, kecuali jika dia berniat membaca Doa, namun doanya terdapat di dalam al Quaran, atau seperti membaca Inalillahi dan seterusnya.
7.       Di Haramkan juga berpuasa, meskipun puasa Wajib.
8.       Haram juga Wanita yang sedang Haid/Nifas untuk di Tolak, ataupun di Ceraikan.
9.       Haram melewat ke  Masjid, dan apabila ada keperluan maka di perbolehkan melewat saja ke dalam Masjid, namun tidak boleh kembali ke pintu yang dimana si Wanita tadi masuk, kacuali masjidnya memiliki satu pintu saja.
10.   Haram bagi wanita yang haid, ataupun Nifas untuk di alap suka, di Jima’ (berhubungan intim suami isteri).
Begitulah yang dapat saya sampaikan, kebenarannya memang dari Allohu Robbanan, namun kesalahannya adalah kebodohan saya sendiri, yang kurang bersungguh-sungguh dalam belajar ilmu pengetahuan Agama. Ini dia Doa-Doa dalam berWudhu semoga Bermanfaat bagi sahabat semuanya. Kalau saya biasanya Membaca 2 kalimah Syahadat dulu sebelum memulai Ibadah apapun, lalu membaca Basmallah.
بسم الله الرحمن الرحيم
1.      نويت رفع الحدث الاصغرفرضالله تعلى
1, Ini adalah Niat Wudhu : artinya Aku berniat Wudhu untuk menghilangkan Hadast kecil wajib karena Alloh. (meskipun kita akan melakukan Wudhu sunah, maka tetap saja Niatnya Wudhu Wajib), namun Niat Wudhu ini di Uacapkan sebelum membasuh Wajah. Setelah  mengirup air wudhu dengan hidung dan kemudian mengeluarkannya.

2.      اللهم احفظ يدي من معاصيك كلها
2, Doa ketika membasuh dua telapak tangan sebelum Wudhu. Artinya : Wahai Tuhan kami, semoga engkau melindungi saya telapak tangan saya agar terhindar dari maksiat (dosa telapak tangan) semuanya ( seluruh Maksiat tangan ).

3.      اللهم اعنى على ذكرك وشكرك و حسن عبا دتك
3, Doa Berkumur , artinya :  Wahai Tuhan kami, semoga engkau menolong saya agar selalu berdzikir/mengingatmu selalu, dan bersyukur atas semua ni’mat engkau, dan selalu berbuat kebaikan, ibadah kepada engkau.

4.      اللهم ارحنى راٍحةالجنة وانت عنى راض
4, Doa mengirup air wudhu dengan Hidung dan mengeluarkannya kembali, artinya : Wahai Tuhan kami, semoga engkau memberikan ijin kepada saya untuk mencium Wanginya Surga, dan semoga engkau Ridho kapda saya untuk memasukinya.


5.      اللهم بيض وجهى يوم تبيض وجوه وتسود وجوه
5, Doa membasuh Wajah, sebelum membasuh wajah harus Niat wudhu terlebih dahulu, Doa niat Wudhu ada di atas. Artinya doa membasuh Wajah : Wahai Tuhan kami, semoga engkau memutihkan/membersihkan wajah kami di hari dimana putih / bersih wajah orang-orang Muslim, dan Hitam wajah orang yang engkau Hitamkan  di Akhirat (di padang mahsyar, wallohu a’lam).

6.      اللهم اعطنى كتبى بيمنى وحسبنى حسا با يسيرا
        6, Doa membasuh Tangan Kanan, yang artinya : Wahai Tuhan kami, semoga engkau memberikan Buku (catatan amal) saya dari sebelah kanan saya, dan semoga engkau menghisab ( menghitung semua amal perbuatan ketika masa hidup di Dunia ) saya dengan Hisaban yang enteng / mudah. Menurut keterangan dalam agama Islam, setelah Manusia meninggal / Kiamat maka seluruh amal perbuatan yang manusia lakukan telah di catat oleh malaikat yang memang di tugaskan Oleh Alloh untuk mencatat semua amal perbuatan baik maupun Buruk, dan jika manusia kelak di akhirat mendapatkan Bukunya dari sebelah kanan, maka dia Beruntung, namun jika mendapatkan buku dari sebelah kiri atau belakang  maka dia Manusia yang Rugi. Sedangkan Hisaban (perhitungan) adalah untuk harta benda, asal muasal, dan kemana arah tujuannya harta di pergunakan, ataupun di hasilkan dari mana, maka semuanya akan di pertanggung jawabkan kelak di Akhirat “wallohu a’lam”.


8.      اللهم لا تعطنى كتابى بشما لى اومن وراٍ ظهري
8, 6, Doa membasuh Tangan Kiri, yang artinya : Wahai Tuhan kami, semoga engkau tidak memberikan Buku (catatan amal) saya dari sebelah kiri saya, ataupun dari belakang saya.

9.      اللهم حرم شعرى وبشري على النار
9, Wahai Tuhan kami, semoga engkau Mengharamkan saya, walaupun sehelai rambut  dan juga Kulit saya dari api Neraka Jahanam.


10.  اللهم اجعلنى من الذ ين يستمعون القول فيتبعون اًحسنه
10, Wahai Tuhan kami, semoga engkau menjadikan saya dari bagian  golongan  orang-orang  yang selalu mendengarkan kebaikan / agamamu yang benar, maka jadikanlah saya orang yang turut patuh akan orang yang menyerukan Agama dan sebaik-baiknya ucapan hak.


11.  اللهم ثبت قد مي على الصراط  يوم تثبت فيه اقدام عبدك الصالحين
11, Wahai Tuhan kami, semoga engkau mentetapkan kedua telapak kaki saya kepada jembatan Sirothol Mustaqim, diman hari itu semua engkau Ya Alloh menetapkan akan telapak kakinya Orang-orang yang ahli Ibadah dan Orang Shaleh / Soleh.


12.  اللهو لا تزل قدمي على الصراط فالنار يوم تزل فيه اقدام المنافقين والمشركين
12, Wahai Tuhan kami, semoga engkau tidak menggelincirkan Telapak kaki saya, dari Jembatan sirotol Mustaqim, dan masuk Neraka (di Bawahnya Jembatan Sirotol Mustaqim, ada 7 Ruang Neraka), dimana hari itu semua telapak kaki orang-orang Munafik, dan orang Musyrik tergelincir.


13.  اشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله  اللهم اجعلنى من التوابين واجعلنى من المتطهرين واجعلنى من عبا دك الصالحين سبحا نك اللهم وبحمدك استغفرك واتوب اليك
13, aku bersaksi Tidak ada Tuhan Selain Alloh, dan tidak ada yang dapat menyerupainya, menyamainya ataupun menemaninya. Dan Aku bersaksi Bahwa nabi Muhammad adalah hambanya Alloh, dan Utusan/Rasulnya Alloh. Wahai Tuhan kami, semoga engkau menjadikan saya dari Golongan Orang-orang yang Bertaubat (dan di terima taubatnya), dan semoga engkau menjadikan Saya dari golongan Orang-orang yang Suci bersih (lahir batin/hati), dan semoga engkau menjadikan saya dari Golongan hamba-hambamu yang Sholeh/shaleh. Maha Suci engkau ya Allohu Robbana segala Puji hanya pantas bagimu, saya memohon ampunanmu, dan Bertaubat kepadamu.
Apabika sahabat ada yang mau di tanyakan silahkan menghubungi saya, mungkin Inshallah akan saya sampaikan kepada Guru-guru ngaji saya yang paham al Quran dan Hadist.
Marilah kita Berlomba-lomba dalam Kebaikan. kalau menemukan kesalahan mohon koreksinya, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi saya. bagi pembaca sekalian, yang mau berkonsultasi Masalah Agama dengan Guru ngaji / Ustadz Saya GRATIS bisa Email, or WA.
Wassalam.

Komentar


  1. Terima kasih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy .




    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Nama Bulan Dalam Agama Islam

“Abdi” Bahasa Sunda ( Warga Negara )

Cerita Dewasa Aku dan ibu kost ( life stories )