Bolehkan kita melakukan Tahlilan?? bukankah tahlilan itu Haram? ataukah bid'ah?


 
Sesungguhnya  Imam  al Syafi’i  tidak  melarang  Tahlilan,  jika  ada yang  mengatakan  bahwa  Imam  Syafi;i  melarang  Tahlilan  maka  sesungguhnya  dia  telah  berbohong dengan  ucapannya  tentang  di  larangnya  Tahlilan  oleh  Imam  Syafi’i

Memang  dalam  kitab  Madzhab  Syafi’i  telah  diterangkan   bahwa  selamatan   selama  7 hari  kematian  itu  bid’ah  yang  makruh.  Bahkan  ada pendapat  Imam Syafi’i  mengatakan  Hadiah  pahala  Bacaan  Quran   tidak   sampai  kepada  simayit.

Mohon  jangan  membesar-besarkan  persoalan  ini,  jika  Anda  tidak  setuju  dengan  adanya  Tahlilan. Yang  menurut  Wahabi  itu  Sesat dan  Haram. Imam  Syafi’i  hanya  mengatakan  makruh,  bukan  Haram,  dan  beliau  tidak  melarangnya!

Madzhab  Syafi’i  dan  beberapa  Madzhab  lain  memang  memakruhkan   suguhan  makanan  oleh  keluarga  yang  meninggal   kepada  pentak ziyah ( Yang  hadir  mengikuti  tahlilan).   Makruh  sendiri  artinya  adalah  akan  mendapatkan  pahala  apabila  di tinggalkan,  dan  tidak  mendapatkan  siksa  apabila  di kerjakan.  Namun  para  ulama  berpendapat  bahwa  dalam  Agama  tidak  cukup  mematuhi  hukum  dengan  cara  meninggalkan   yang  makruh,  akan  tetapi  juga   harus  melihat   situasi  dan  adat  istiadat  masyarakat.  Oleh  karena  itu, apabila  adat  istiadat  suatu  masyarakat  menuntut  melakukan  yang  makruh  itu,  maka  kita  tetap  harus  melakukan   demi  menjaga  kekompakan   kebersamaan  dan  kerukunan  dengan  masyarakat   sesama  muslim. Bukankah  semua  muslim  itu  bersaudara.

Bukan  berarti  kita  lebih  tunduk  kepada  Hukum  adat  daripada  hukum  Agama,  tapi  kita  harus  lebih  mengerti  hukum  Agama,  agar  kita  tidak  semena-mena  dalam  mengikuti   apa  yang  kita  dengar. Jadilah  muslim  yang  kuat  dan  cerdas.  Karena  Iman  saja  kurang  cukup,  tapi  kita  juga  harus  berfikir  dan  belajar terus.  Kecuali  jika  Anda  ingin  menjadi  muslim  yang  salah  dan  bodoh  yang  bebas. Memang  begitu  kenyataannya,  jika  kita  menjadi  muslim  yang  belum  faham  Masalah  Agama.  Kita  akan  menganggap  diri  kita  benar  dan  orang  lain  salah.
Mari  kita  lihat  di  dalam  sebagian   kitab  klasik  yang  di  tulis  oleh  ulama  Madzhab  Hanbali, yaitu  Kitab  al-Adab al-Syar’iyyah,  Tulisan  Ibnu  Muflih al-Maqdisi,  yang  di  terbitkan  oleh  Pemerintahan  Saudi  Arabia,  di  bagikan  secara  gratis  kepada  umat  islam  (  kebetulan  Abang kandung  saya  pernah  menjadi  TKI   demi mendapat  melaksanakan  Ibadah  ahji 3x ) sekarang sudah  meninggal semoga dosa-dosanya  di ampuni dan  amal  ibadahnya  di  terima “amin”.  Dalam  kitab  tersebut  ada  keterangan  seperti ini  :

وَقَالَ ابْنُ عَقِيلٍ فِي الْفُنُونِ لَا يَنْبَغِي الْخُرُوجُ مِنْ عَادَاتِ النَّاسِ إلَّا فِي الْحَرَامِ فَإِنَّ الرَّسُولَ صلى الله عليه وسلم تَرَكَ الْكَعْبَةَ وَقَالَ (لَوْلَا حِدْثَانُ قَوْمِكِ الْجَاهِلِيَّةَ) وَقَالَ عُمَرُ لَوْلَا أَنْ يُقَالَ عُمَرُ زَادَ فِي الْقُرْآنِ لَكَتَبْتُ آيَةَ الرَّجْمِ. وَتَرَكَ أَحْمَدُ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ لِإِنْكَارِ النَّاسِ لَهَا، وَذَكَرَ فِي الْفُصُولِ عَنْ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ وَفَعَلَ ذَلِكَ إمَامُنَا أَحْمَدُ ثُمَّ تَرَكَهُ بِأَنْ قَالَ رَأَيْت النَّاسَ لَا يَعْرِفُونَهُ، وَكَرِهَ أَحْمَدُ قَضَاءَ الْفَوَائِتِ فِي مُصَلَّى الْعِيدِ وَقَالَ: أَخَافُ أَنْ يَقْتَدِيَ بِهِ بَعْضُ مَنْ يَرَاهُ . (الإمام الفقيه ابن مفلح الحنبلي، الآداب الشرعية، ٢/٤٧)

Dan  telah  berkata  Imam  Ibnu  A’qil  dalam  kitab  al-Funun   ‘tidak  baik  keluar   dari  tradisi  masyarakat ,  kecuali  Tradisi  yang  Haram,  Karena  Rosululloh SAW   telah  membiarkan  Ka’bah  dan  berkata  “seandainya  kaumku  tidak  baru  saja  meninggalkan  masa-masa  Jahiliyah. . . “   Sayyidina  Umar  pun  berkata  “seandainya   Orang-orang   tidak  akan  berkata,  Umar menambah  al Quran,  aku  akan  menulis  ayat  rajam  di dalamnya”  Imam  Ahmad  bin  Hanbal   meninggalkan  Solat  2 raka’at  sebelum  magrib  karena   masyarakat  mengingkarinya.  Dalam  kitab  al-Fushul  di  sebutkan  tentang  2 raka’at  sebelum  Maghrib  bahwa  Imam  kami  Ahmad  bin Hanbal  pada  awalnya  melakukannya,  namun  kemudian  meninggalkannya,  dan  beliau  berkata   “aku  melihat  orang-orang  tidak  mengetahuinya”   Ahmad  bin  Hanbal  juga  memakruhkan  Qadha  Shalat  di  Mushalla  pada  waktu  dilaksanakannya  shalat  Ied (Hari  raya).  Beliau  berkata  “saya  khawatir  orang-orang  yang  melihatnya  akan  ikut-ikutan  melakukannya”  ( al-Imam  ibnu  Muflih al-Hanbali, al-adab al-syar’iyyah, juz 2, hal  47), silahkan  Sahabat  lihat  sendiri  jika  tidak  percaya.

Berarti  sudah  jelas  pernyataan  di  atas  tersebut,  bahwa  tidak  baik  meninggalkan  tradisi   masyarakat   selama  tradisi  itu  tidak  Haram  (  dan  itu  sama  persis  dengan  apa  yang  dikatakan  beberapa  Guru  ngaji  saya  di   beberapa  pesantren  di  Banten,  Purwakarta,  bandung,  Garut  dan  kampung  halamn  saya).  Sedangkan  suguhan  makanan  kepada  pentakziyah   itu  hanya  makruh  bukan  Haram,  karena  hal  itu  sudah  tradisi,  ya  kita  ikuti  saja.

Seperti  kata  pepatah  Arab  “tarkul  ‘adah ‘adawah (meninggakan  adat  istiadat  menimbulkan  permusuhan).  Bukankah  permusuhan  sesama  muslim  itu  di laknat?  Lalu  ada  yang  mengusulkan  lebih  baik  tidak  adanya  suguhan makanan   agar  tidak  makruh?

Jangan  keras  kepala  sahabat,  coba  sahabat  pahami  perkataan  Ibnu  aqil  dalam  kitab  al-funun  di  atsa.  Di  antara  dasar   mengapa,   kita  di  anjurkan  mengikuti  tradisi  selama  tidak  haram,  adalah  Hadist  yang  berbunyi :

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْها أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهَا أَلَمْ تَرَيْ أَنَّ قَوْمَكِ لَمَّا بَنَوْا الْكَعْبَةَ اقْتَصَرُوا عَنْ قَوَاعِدِ إِبْرَاهِيمَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ أَلَا تَرُدُّهَا عَلَى قَوَاعِدِ إِبْرَاهِيمَ قَالَ لَوْلَا حِدْثَانُ قَوْمِكِ بِالْكُفْرِ لَفَعَلْتُ. (رواه البخاري ومسلم)

Dari  siti  Aisyah  RA  bahwa  Rosululloh Saw  bersabda  kepada  Siti  Aisyah RA “apakah  kamu  tidak  tahu,  bahwa  ketika  kaummu  membangun  ka’bah,  tidak  sempurna  pada  pondasi  yang  di  bangun  oleh  Nabi  Ibrahim  AS”  aku (siti Asisyah) berkata  “wahai  Rosululloh Saw   apakah  tidaka  engkau  kembalikan  ka’bah  kepada  pondasi  Nabi  Ibrahim As?”  beliau (Rosullulloh SAW) menjawab  “seandainya  bukan  karena  kaumku  baru  meninggalkan  kekufuran,  pasti  aku  lakukan “  HR  al-Bukhari  dan  Muslim.

Dalam  hadist  diatas  di  atas  di  jelaskan,  Bahwa  Rosululloh Saw  tidak  merekontruksi  ka’bah   agar  sesuai  dengan  ka’bah  yang  di  bangun  Nabi  Ibrahim  AS,  hanya  karena  khawatir  menimbulkan  fitnah,  karena  kaumnya  baru  meninggalkan  masa-masa  jahiliyah.  Sampai  sekarang  ka’bah  yang  ada,  lebih  kecil  dari  ka’bah  yang  dibangun  oleh  Nabi  Ibrahim  AS.   Coba  sahabat  bayangkan  Ka’bah  saja,  yang  merupakan  kiblat  umat  Islam  dalam  menunaikan  shalat   dan  ibadah  haji,  di  biarkan  oleh  Rosululloh SAW,  karena  alasan  Tradisi,  apalagi  masalah  kenduri  selama Tujuh hari, 40 hari, 100 hari, setahun/tiap tahun  (haul), yang  hukumnya  hanya  makruh,  itupun  belum  sepakat  semua  ulama  makruh,  bahkan  ada  juga  yang  berpendapat  bawa  itu  di  bolehkan  dan  sangat  baik  (bidah  Hasanah).  Pesoalan  ka’bah  tentu  lebih  besar  dari  tahlilan.

Karena  tidak  semua  kaum  salaf  memakruhkan  hidangan  makanan  yang  dibuat  oleh  keluarga  si  meninggal   untuk  orang-orang  yang  bertakziyah,  dalan   masalah  ini  ada  khilafiyah  di  kalangan  mereka.  Pandangan-pandangan  tersebut  antara  lain  sebagai  berikut  :

Pertama.  Riwayat  dari  Khalifah  Umar  bin  al-khatthab  yang  berwasiat  agar  disediakan  makanan  bagi  mereka  yang  bertakziyah.  Al-Imam Ahmad  bin Mani’  meriwayatkan :

عَنِ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ قَالَ كُنْتُ أَسْمَعُ عُمَرَ رضي الله عنه يَقُوْلُ لاَ يَدْخُلُ أَحَدٌ مِنْ قُرَيْشٍ فِيْ بَابٍ إِلَّا دَخَلَ مَعَهُ نَاسٌ فَلاَ أَدْرِيْ مَا تَأْوِيْلُ قَوْلِهِ حَتَّى طُعِنَ عُمَرُ رضي الله عنه فَأَمَرَ صُهَيْبًا رضي الله عنه أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاسِ ثَلاَثًا وَأَمَرَ أَنْ يُجْعَلَ لِلنَّاسِ طَعَاماً فَلَمَّا رَجَعُوْا مِنَ الْجَنَازَةِ جَاؤُوْا وَقَدْ وُضِعَتِ الْمَوَائِدُ فَأَمْسَكَ النَّاسُ عَنْهَا لِلْحُزْنِ الَّذِيْ هُمْ فِيْهِ. فَجَاءَ الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ قَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ مَاتَ رَسُول اللَّه صلى الله عليه وسلم فَأَكَلْنَا بَعْدَهُ وَشَرِبْنَا، وَمَاتَ أَبُو بَكْرٍ فَأَكَلْنَا بَعْدَهُ وَشَرِبْنَا، أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِنْ هَذَا الطَّعَامِ، فَمَدَّ يَدَهُ وَمَدَّ النَّاس أَيْدِيَهُم فَأَكَلُوا، فَعَرَفْتُ تَأَويل قَوله.

Dari  Ahnaf  bin  Qais,  barkata  ;  “aku  mendengar  Umar  dia  berkata ; “seseorang  dari  kaum  Quraisy  tidak  memasuki  satu  pintu,  kecuali  orang-orang  akan  masuk  bersamanya.”  Aku  tidak  mengerti  maksud  perkataan  beliau,  sampai  akhirnya   Umar  ditusuk,  lalu  memerintahkan  Shuhaib  menjadi  Imam  Solat  selama  3 hari  dan  memerintahkan  menyediakan  makanan  bagi  Manusia.  Setelah  mereka  pulang  dari  jenazah Umar,  mereka  datang,  sedangkan   hidangan  makanan  telah  disiapkan,  lalu  mereka  tidak  jadi memakannya,  karena  duka  cita  yang  menyelimuti.  Lalu  Abbas  bin  Abdul Mutthalib  datang  dan  berkata  :  “wahai  manusia, makanlah   dari  makanan  ini.”  Lalu  Abbas   menjamah  makanan  itu,  dan  orang-orang pun  menjamahnya  untuk  dimakan.  Aku  baru  mengerti  maksud  pernyataan  Umar  tersebut.”

Hadist  tersebut  diriwayatkan  oleh  Ibnu  Mani’  dalam  al-Musnad, dan  dikutip  oleh  al-Hafizh  Ibnu  Hajar,   dalam  al-Mathalib al-‘Aliyah, Juz 5 halaman 328  dan  al-Hafizh al-Bushiri, dalam  Ithafal al-Khiyarah al-Muharah, Juz 3 halaman 289.

Kedua  diriwayatkan  dari  Sayyidah  Aisyah RA, istrinya Rosululloh SAW, ketika  ada  keluarganya  yang  meninggal  dunia,  beliau  menghidangkan  makanan.  Imam  Muslim  meriwayatkan  dalam  Shahih-nya.

عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهَا كَانَتْ إِذَا مَاتَ الْمَيِّتُ مِنْ أَهْلِهَا فَاجْتَمَعَ لِذَلِكَ النِّسَاءُ ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إِلاَّ أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا أَمَرَتْ بِبُرْمَةٍ مِنْ تَلْبِيْنَةٍ فَطُبِخَتْ ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيْدٌ فَصُبَّتْ التَّلْبِيْنَةُ عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَتْ كُلْنَ مِنْهَا فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ اَلتَّلْبِيْنَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ الْمَرِيْضِ تُذْهِبُ بَعْضَ الْحُزْنِ. رواه مسلم.

“Dari  urwah,  dari  Aisyah, Istri nabi SAW,  bahwa  apabila  seseorang  dari  keluarga  Aisyah  meninggal.  Laalu  orang-orang  perempuan  berkumpul  untuk  bertakziyah,  kemudian  mereka  berpisah  kecuali  keluarga  dan  orang-orang  dekatnya,  maka  Aisyah  menyuruh  dibuatkan  talbina (sop atau  kuah  dari  tepung  dicampur  madu)  separiuk  kecil,  lalu  dimasak,  kemudian  dibuatkan  bubur,  lalu  sop  tersebut  dituangkan  ke  bubur itu.  Kemudian  Aisyah  berkata  “makanlah  kalian,  karena  aku  mendengar  Rosululloh SAW  bersabda : “talbinah  dapat  menenangkan  hati  Orang  yang  sakit  dan  menghilangkan  sebagian  kesusahan.” (HR Muslim <2216>).

Dua Hadist  di  atas  menghantarkan  pada  kesimpulan  bahwa  pemberian  makanan  oleh  keluarga  duka  cita  kepada  orang-orang  yang  takziyah (tahlilan)  tidak  Haram.  Khalifah  Umar  bin Khattab  berwasiat  agar  pentakziyah  diberi  makan.  Dan  juga  siti  Aisyah  ketika  ada  keluarganya  yang  meninggal,  menyuruh  dibuatkan  kuah  dan  bubur   untuk  diberikan  kepada  keluarga,  orang-orang  dekat,   dan  teman-temannya  yang  sedang  bersamanya,  dengan  demikian,   tradisi  pemberian  makanan  kepada  para  pentakziyah   telah  berlangsung  sejak  generasi  Sahabat  Nabi SAW.

Ketiga,  Tradisi  kaum  Salaf  sejak  generasi  Sahabat   yang  bersedekah  makanan  selam  tujuh  Hari kematian  untuk  meringankan  beban  si  mati.  Dalm  hal  ini  al-Imam  Ahmad  bin  Hanbal  meriwayatkan  dalam  kitab  al-Zuhd :

عَنْ سُفْيَانَ قَالَ قَالَ طَاوُوْسُ إِنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُوْنَ فِيْ قُبُوْرِهِمْ سَبْعاً فَكَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ أَنْ يُطْعَمَ عَنْهُمْ تِلْكَ الْأَياَّمَ.

“dari Sufyan berkata : “Thawus  berkata  “sesungguhnya  orang  yang  meninggal  akan  diuji  di  dalam  kubur  selama  tujuh  hari,  karena  itu  mereka  (kaum salaf) menganjurkan  sedekah  makanan  selama  hari-hari  tersebut.”

Hadist  di  atas  diriwayatkan  al-Imam  Ahmad  bin  Hanbal  dalam  kitab  al-Zuhd, al-Hafizh  Abu Nu’aim  dalam  Hilyah  al-Auliya’ (juz 4 halaman 110 al-Hafizh  Ibnu Rajab  dalam  Ahwal al-Qubur (32), al-Hafizh  al-Suyuthi  dalam  al-Hawi lil-fatawi 9juz 2 halaman 178). Silahkan Sahabat baca sendiri agar lebih yakin.

Menurut al-Hafizh al-Suyuti, Hadist  di  atas  diriwayatkan  secara  Mursal  dari  Imam  Thawus  dengan  sanad   yang  shahih.  Hadist  tersebut  diperkuat  dengan  hadist  Imam  Mujahid  yang  diriwayatkan  oleh  Ibnu  Rajab  dalam  Ahwal  al-Qubur  dan  hadist  Ubaid  bin  Umar  yang  diriwayatkan  oleh  Imam  Waki’  dalam   al-Mushannaf,  sehingga  kedudukan  hadist  Imam  Thawus  tersebut  dihukumi  Marfu’  yang  shahih.  Demikian  kesimpulan  dari  kajian  al-Hafizh  al-Suyuti  dalam  al-Hawi lil-Fatawi.

Tradisi  bersedekah  kematian  selama  tujuh  hari  berlangsung  di  kota  Makkah dan  Madinah   sejak  Generasi   Sahabat,  hingga  abad  kesepuluh (ke 10) Hijriah,  sebagaimana  dijelaskan  oleh  al-Hafizh  al-Suyuti.

Keempat,  pendapat  Imam  Malik bin Anas,  Pendiri  Madzhab  maliki,  bahwa  hidangan  kematian  yang  telah  menjadi  tradisi  masyarakat  dihukumi  jaiz (Boleh/wenang) dan  tidak  makruh,  dalam  konteks  ini,  Syaikh  Abdullah  al-Jurdani  berkata  :

يَجُوْزُ مِنْهُ مَا جَرَتْ بِهِ الْعَادَةُ عِنْدَ الْإِماَمِ مَالِكٍ كَالْجُمَعِ وَنَحْوِهَا وَفِيْهِ فُسْحَةٌ كَمَا قَالَهُ الْعَلاَّمَةُ الْمُرْصِفِيُّ فِيْ رِسَالَةٍ لَهُ.

Hidangan  kematian  yang  berlaku  menjadi  tradisi  juma’  dan  sesamanya  adalah  boleh  menurut  Imam  malik.  Pandangan  ini  mengandung  keringanan  sebagaimana  dikatakan  oleh  al-Allamah  al-Murshifi  dalam  risalahnya”  (Syaikh  Abdullah al-Jurdani, fatha al’allam  Syarh  Mursyid al-Anam, juz 3 halaman 218).

Berdasarkan  paparan  di  atas,  dapat  kita  simpulkan  bahwa  hukum  memberi  makan  orang-orang  yang  bertakziyah  masih  diperselisihkan   di  kalangan  Ulama  Salaf  sendiri  antara  pendapat  yang  mengatakan  makruh, Mubah/Boleh, dan Sunnah. Di kalangan  Ulama  salaf  tidak  ada  yang  mengatakan  tidak  ada  yang  berpendapat  haram.  Bahkan  untuk  selamatan  selama  tujuh  hari,   berdasarkan   riwayat  Imam  Thawus,  justru  dianjurkan  oleh  kaum  salaf   sejak  generasi  Sahabat   dan  berlangsung   di Makah  dan  Madinah  hingga  abad  kesepuluh Hijriah.

Maka  dengan  demikian,  Hukum  suguhan  makanan  sebenarnya  masih  di  perselisihkan  di  kalangan  Ulama,  kalau Anda  kaum  yang  memerangi  tradisi  ini,  suguhan  makanan  dalam  acara  tujuh  hari (seminggu), maka  jutru  Andalah  yang  melanggar  Hukum  Agama.  Karen  dalam  kaedah  Fiqih  disebutkan,  laa yunkaru al-mukhlatafu fiih wa innamaa yunkaru al-mujma’u ‘alaih  < tidak boleh mengingkari  hukum  yang  diperselisihkan  di  kalangan  Ulama, akan  tetapi  hanya  hukum  yang  di  sepakati  para  Ulama  yang  harus  diprotes/ditolak >

Dalam  masalah  pengiriman  Hadiah (membacakan Quran, Tahlilan, Solawat  dan bacaan-bacaan   lainnya )   Imam al-Syafi’i tidak melarang apalagi mengharamkan. Beliau hanya berpendapat bahwa pengiriman hadiah pahala bacaan al-Qur’an  dan  lainnya  menurut beliau tidak sampai. Sementara menurut Imam Abu Hanifah, Malik dan Ahmad bin Hanbal, dikatakan sampai  kepada  si Mayit  itu. Namun  Banyak juga pengikut madzhab Syafi’i yang berpendapat  bahwa  pahalanya  sampai kepada   Mayit (orang  yang  telah  meninggal  dunia)  yang kita tuju ( karena Alloh maha Kuasa ). Begitupun   pengiriman hadiah pahala selain al-Qur’an seperti sedekah, istighfar, shalawat, tahlil  dzikir  dan tasbih, semua ulama sepakat sampai. Jadi masalah ini persoalan kecil yang tidak perlu dibesar-besarkan. Sesungguhnya Allohu Robbana maha mengatahui dan maha Kuasa.

Perlu  di  ketahui, bahwa meskipun Imam al-Syafi’i berpendapat tidak sampai tentang pahala al-Qur’an, beliau menganjurkan membaca al-Qur’an di kuburan seseorang, agar mendapatkan barokahnya  dari  bacaan al-Qur’an.  Sahabat harus tau Masalah ini.

Jangan  menjadi  orang  bodoh  yang  mudah  di  pecah  belah kan hanya  karena  masalah  Tahlilan  dan  Ziarah  Kubur.  Imam  al Syafi’i  tidak  melarang  Tahlilan  ataupun  ziarah  Kubur.  Sudah saya Bahas  Berkali-kali. Bahawa  Dalam  bermadzhab,  tidak  berarti  harus  mengikuti  semua  pendapat  Imam  madzhab   secara  keseluruhan,   Tetapi mengikuti pendapat Imam Madzhab yang kuat dalilnya. Dalam madzhab Syafi’i ada kaedah, apabila pendapat lama Imam al-Syafi’i (Qaul Qadim) bertentangan dengan pendapatnya yang baru (Qaul Jadid), maka yang diikuti adalah Qaul Jadid.  Hanyan  dalam 12  masalah  para  ulama  mengikuti  Qaul  jadid (pendapat yang Baru)  karena  dalilnya  lebih  kuat.   Jangan  menjadi  orang  yang  aneh  ataupun  lucu,  dengan  mengatakan   tidak  taklid  kepada  Ulama,  dan  hanya  mengikuti  al Quran  dan  Sunnah,  tapi  memaksa  orang  Sunni (ahli  sunah  wal jamaah)  meninggalkan   Tahlilan,  dengan  alasan  imam  kami  melarang nya.

Kami pengikut ahli hadits dan Ahlussunnah Wal-Jama’ah, bukan pengikut  Wahabi, Coba  Sahabatperhatikan perkataan Imam Ahmad bin Hanbal:

إذا روينا عن رسول الله صلى الله عليه و سلم في الحلال والحرام والسنن والأحكام تشددنا في الأسانيد وإذا روينا عن النبي صلى الله عليه و سلم في فضائل الأعمال وما لا يضع حكما ولا يرفعه تساهلنا في الأسانيد

Dalam  pernyataan  tersebut  yang  di  perketat  dalam  penerimaan  riwayat  itu,  kalau  berupa  hadist  dari  Rosululloh  SAW.  Berarti  kalau  bukan  hadust  Nabi  SAW,  seperti  atsar  Khalifah  Umar,  tidak  perlu  diperketat.  Ayo  Sahabat  fahami  dengan  baik.

Al-Albani  mengutip  perkataan  Imam  Ahmad  bin  Hambal  dalam  sebagian  Kitabnya :

لا ينبغي لفقيه أن يحمل الناس على مذهبه

Tidak pantas  bagi  Orang  ahli  Fiqih  memaksa  Orang  lain  mengikuti  madzhabnya”

Jadi kalau Andayang  mengakuial-Albani sebagai panutan Anda, Anda tidak perlu memaksa umat Islam yang memang bermadzhab Syafi’i, untuk mengikuti ajaran  yang Anda ikuti.”

Imam as-Syafi'i rahimahullah berkata:

"Disunnahkan kalau di sisi mayit yang sudah dikuburkan itu dibacakan sesuatu dari ayat-ayat al-Quran dan jikalau dapat di-khatamkan al-Quran itu seluruhnya, maka hal itu adalah baik."

Jadi, Ziarah kubur itu memang dianjurkan dalam agama Islam bagi laki-laki dan perempuan, sebab didalamnya terkandung manfaat yang sangat besar. Baik bagi orang yang telah meninggal dunia berupa hadia pahala bacaan Al-Qur’an solawat dzikir dan lainya, atau pun bagi orang yang berziarah itu sendiri, yakni mengingatkan manusia akan kematian yang pasti akan menjemputnya

Berikut tulisan di atas semuanya hasil karya  Ulama-ulama besar, yang telah saudara se Agama saya rangkum, dan saya kemabli merangkum dan menulis ulang, banyak yang saya tambahkan dan juga saya hapus, sesuai pemahaman yang saya dapatkan dari berbagai Guru di pesantren dimana Tempat saya menimba ILMU.

Atau Sahabat bisa juga membacanya sendiri pada bebarapa Kitab seperti :

Al-Tahqiqot juz 3

Sunnah annasa i juz 3

Risallah ahlusunnah  waljamaah

Sarh TanqihulQaul

Ryadul Sholihin

Dan kitab-kitab lainnya.

Terima kasih untuk semuanya, yang  berperan dalam sebagian dan sepenuhnya Tulisan saya ini, sesungguhnya dimata Allohu Robbanan, tidak ada yang hilang pahala yang semestinya milik kalian “amin”

Wallahu a’lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Nama Bulan Dalam Agama Islam

“Abdi” Bahasa Sunda ( Warga Negara )

Cerita Dewasa Aku dan ibu kost ( life stories )