Kamis, 24 Oktober 2013


Sebenarnya bukan di Amerika saja yang memiliki kebiasaan baik, mungkin di setiap Negara pasti ada sesuatu yang mungkin bisa kita ambil contoh, bahkan tidak menutup kemungkinan di Indonesia juga banyak yang sangat Baik saya yakin.
Bukan saya mengagungkan atau meng elu-elukan Orang Amerika, namun kebaikan itu memang harus di sebarkan agar di contoh banyak orang, dan kebetulan kali ini saya mencoba untuk menyebarkan kebaikan orang Amerika yang saya dapa dari beberapa nara sumber seperti teman saya, embah Google (atau internet) dan dari sumber lainnya
. Di Amerika biasanya kalo sudah di jalan itu, semua orang sama, mau RT,  Gubernur, camat, Jenderal,  atau siapapun itu di jalanan semuanya  sama saja tidak ada pengawalan khusus dengan sirene yang bunyi, kecuali Ambulance dan mobil pemadang Kebakaran. Jadi kalo jalanan macet ya maaf harus ikut macet juga J, mungkin di Indonesia juga sama ya?? Tapi sering Macet!!
.membuang Sampah pada tempatnya, waduh ini nih yang paling sulit di Indonesia, paling susah menyadarkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, di jalan, di tempat umum ataupun dimana saja sudah menjadi kebiasaan membuang sampah seenaknya, kalo di singapore mah membuang sampah sembarangan bisa di denda, atau di hukum membersihkan jalanan, kalo di Indonesia seperti itu wah bagus banget ya. Katanya sering Orang Amerika membawa sampah ke rumahnya karena pada saat membuang sampah tidak ada tempat sampah, atau jauh, maka mereka menyimpan Sampah di saku atau di tas mereka, dan lupa sampai ke bawa pulang, ataupun sengaja di bawa pulang sampahnya. Di tempat kerja saya kalo orang Bule (gak tau orang Amerika atau bukan?) kalo sudah selesai makan pasti mejanya di bersihkan dengan tissue, hebat banget ya! Mungkin mereka berfikir mengembalikan keadaan meja ke semula sebelum dia pakai J.

. Mendahulukan Penyeberang Jalan.
Di penyeberangan jalan bila tiba giliran pejalan kaki maka semua kendaraan bermotor harus berhenti. Tidak peduli sang pejalan kaki menyeberang sambil ngerumpi dengan teman jadinya jalannya lelet, atau memang jalannya kayak pengantin, mereka harus ditunggu sampai mereka sampai di seberang jalan atau minimal
 situasi dianggap aman.


. Membuka Pintu dan Menahannya.
Maksudnya adalah
, jika  membuka pintu dan menahannya supaya orang dibelakangnya bisa lewat atau membuka pintu sambil melihat ke belakang baru menutup pintu, memastikan di belakangnya tidak ada orang. Dapat dibayangkan kalau kita membuka pintu, masuk ruangan, dan menutup pintu tahu-tahunya ada orang di belakang kita, bisa jadi  kepalanya akan benjol.

. Tidak Merokok Sembarangan.
Saat ini semua gedung milik pemerintah dan swasta adalah kawasan bebas rokok. Untuk merokok disediakan area tertentu, biasanya sekian feet dari pintu gedung. Tetapi belakangan ini di gedung-gedung pemerintah jarak area merokok dengan pintu gedung dib
uat lebih jauh lagi, membuat para perokok malas merokok karena harus jalan jauh. Pelanggaran larangan merokok sanksi dendanya sangat besar jadi tidak ada yang berani melanggar. Begitupun di negara-negara maju Eropa dan Amerika.

. Ini kebiasaan bagus milik petugas public service.
Petugas-petugas public service seperti polisi, sheriff, pegawai pembuat SIM dan kantor-kantor pelayanan pemerintah lainnya mempunyai kebiasaan tidak mau menerima suap atau tips dalam bentuk apapun. Dengan ramah mereka akan menjelaskan bahwa tidak boleh menyuap atau memberi tips kepada petugas dan ada sanksinya, paling berat masuk penjara. Jadi orang sana selalu membayar biaya jasa pengurusan public service sesuai dengan tarif. Kalau ada kembalian langsung dikantongi, tidak baik membiarkan uang lama-lama tergeletak di meja petugas.

. Mengucapkan Salam, Selamat Pagi, Siang atau Malam kepada orang yang tidak dikenal sekalipun.
Saling menyapa walau sekilas membuat kita merasa senang karena merasa mempunyai teman sesama manusia. Menanyakan kabar, obrolan singkat mengenai cuaca atau anak masih menjadi kebiasaan di tengah semakin individualistisnya masyarakat Amerika.


Hayo gimana sahabat?
Menurut saya kebiasaan –kebiasaan itu bagus juga ya, kalo kita terapkan di Indonesia Negara kita tercinta Ini, saya juga sering sih beberapa kebiasaan bagus itu saya lihat di Film-film Hollywood, namun banyak juga sisi Negative (-) nya, namun kita kan hanya mencontoh kebaikan, bukan keburukan Jtoh ada hadist yang berbunyi Undhur ma Qola wala tandhur man Qola, yang artinya Lihatlah ucapannya jangan melihat yang mengucapkannya.
Ada beberapa artikel saya yang saya kumpulkan dari beberapa sumber seperti Internet, TV, Radio, Chat dengan teman di Luar Negeri dan lainya. Jadi semua ini bukan 100% hasil survei saya J, bagaimanapun saya tidak ada unsur apapun hanya berbagi saja sesama Orang Indonesia.
Ayo Indonesia Bangkitkan Semangat Kita!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive