Kamis, 03 Oktober 2013


Photo by Wikipedia

Penjelasan dan pengertian tentang Shalat / Solat


Sekarang saya ( insya Alloh) akan menerangkan tentang Solat.
Syarat sah (di terima) Solat ada  10. Yaitu :
1, Harus beragama Islam, atau yang beragama Islam tidak murtad (keluar dari agama Islam) baik itu dari Ucapan, sikap / pekerjaan / tingkah laku, atau hati. Disadari maupun tidak di sadari, maka untuk  mencegah semua itu, agar solat kita tidak sia-sia, maka kita harus membiasakan membaca 2 kalimat Syahadat sebelum melakukan ibadah apapun beserta Basmallah.
2, Tamyiz (dewasa menurut Agama Islam), dewasa dalam pandangan Agama islam dapat di ukur, tau diketahui dengan beberapa hal seperti : usia sudah mencapai 15 tahun (bulan Qamariyah / Islam), dan bisa juga di ketahui dengan pernah bermimpi Basah (keluar Mani / mastrubasi) baik itu di lelaki maupun wanita yang Usianya minimal 9 tahun. Atau juga Haid/Men di Wanita yang Usianya minimal 9 tahun. Apabila seorang anak Lelaki maupun Perempuan yang telah mengalami semua di atas maka menurut Agama Islam, mereka sudah Tamyiz / Dewasa. Maka di wajibkan untuk melakukan semua yang di Wajibkan الله  , dan menjauhi Larangan الله  , karena dalam Hukum Islam apabila Manusia sudah menginjak Dewasa  makas  segala amal perbuatannya akan di bebankan / di berlakukan pada dirinya sendiri (dosa / pahala).
3,  Suci dari hadast  kecil, maupun hadast Besar, tentang Hadast sudah saya bahas di Atikel Blog saya ini sebelumnya, silahkan baca artikel Sholat, atau tentang Hadast.
4, Suci / bersih dari Najis, baik itu dari badannya (angota tubuh yang mengerjakan Shalat) dari pakainnya juga harus bersih dari najis.  Begitupun juga Tempat dimana dia melakukan Solat juga  harus Suci (bersih dari segala najis). Kecuali Najis yang di maafkan seperti : Darah / nanah yang sedikit dari badannya. Atau Najis yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata yang Normal.
5, Harus menutupi Aurat.  Mengenai Aurat dalam Agama Islam ada 2 bagian yaitu Aurat lelaki dan aurat Perempuan. Aurat Lelaki adalah dari Pusar perut, sampai Lutut. Maka itu Haram di perlihatkan maupun di lihat.  2. Aurat Perempuan. Aurat Perempuan adalh seluruh badan, mulia dari kepala (ujung Rambut) sampai telapak kaki. Kecuali Wajah,  dan dua telapak tangan sampai pergelangan Tangan.
6, harus menghadap Kiblat (Kabah). Menghadap kabah / Kiblat adalah dengan Dadanya, maka apabila dadanya goyang dan berpaling dari kiblat walau hanya sebentar saja, maka Solatnya Batal, dan Harus di mulai lagi. Begitupun apabila kita melakukan Solat tanpa memastikan Arah kiblat dengan benar, maka Solatnya tidak Sah, dan Wajib mengulanginya lagi dengan menghadap Kiblat yang benar Tepat dan Yakin.
7, sudah masuk Waktunya Sholat Wajib dengan yakin dan benar / tepat.
8, harus mengetahuinya bahwa sebenarnya Solat yang 5 waktu itu adalah Wajib. Dan harus mengetahuinya dan menjalankan Rukun-rukun Solat.
9, tidak boleh menyangka / mentekadkan bahwa Rukun-rukun Solat itu sunah. Mengenai Rukun-rukun Solat silahkan Baca artikel saya sebelumnya tentang Solat..
10,  harus mengetahui akan segala hal yang membatalkan Solat.
Sesungguhnya Solat itu tiangnya Agama, maka dirikanlah Solat dan Tunaikanlah Zakat.
Dan Solat itu di Wajibkan bagi Seluruh Umat Islam dengan waktu-waktu yang di Tentukan.
Dan di akhirat kelak di hadapan Tuhan (Alloh) amalan yang pertama kali di tanyakan adalah Solat, maka jika Solatnya di terima maka lanjut ke pertanyaan berikutnya, namun Jika Solat kita di tolak, maka semua amalan kita di tolak (tidak akan di prtanyakan).
Semoga kita selalu mendapatkan Ridho Ampunan, Petunjuk dan Bimbingan Allohu Robbana, agar kita selalu selamat di Dunia dan di Akhirat “amin”.

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive