Minggu, 08 Desember 2013


Inilah Jawabannya akan saya Bahas Insya الله.
بسم الله الرحمن الرحيم
Kenapa setiap awal tulisan, saya selalu menulis Basmalah terlebih dahulu?
Maka disini Insyaالله nanti kedepannya akan saya bahas kenapa kita harus mengawali sesagala sesuatu dengan Basmallah.
Ada sebuah pesan para ulama yang berbunyi
ينبغى لكل شارع فى فن ان يبخث على البسملة بطرف ينا سبها
Perlu di perhatikan disetiap pan/jurusan (maksud disini jurusan dalam Agama الله , seperti, Fiqih, Usul Fiqih, Tauhid, Tasauf, Alat dan lainnya) untuk membahas Basmalah (بسم الله الرحمن الرحيم), namun disini saya akan membahas lafad Basmalah secara Tauhid, karena mengikuti kitab tauhid yang di tulis oleh Syekh Ibrohim al Bajuri.
بسم الله الرحمن الرحيم
Biasa di maknakan : aku memulai segala sesuatu dengan menyebut Nama الله  dengan meminta pertolongan kepada dzat yang memiliki nama الله .
بسم الله الرحمن الرحيم
Bisa juga bermakna : aku memulai segala sesuatu dengan menyebut Basmallah karena bermaksud mengharap Berkah dengan menyebut nama الله .
Nama الله adalah nama (asma) yang bangsa Tauqifiyah yaitu yang menunggui  atau kuncinya akan sebab turunnya wahyu dariاللهbuakan bangsa Akal.
الله = اسم الجلاله
الله = اسم الاعظم
الله = اسم من اسماء الحسنى
Kenapa kita harus memulai segala sesuatu dengan بسم الله الرحمن الرحيم
 Karena mengikuti alQuran, dan juga karena ada Hadist  seperti ini :
كل امر ذى بال لا يبداء فيه بسم الله الرحمن الرحيم فهواقطع اواجذ م او ابترز
Sesungguhnya setiap perkara/perbuatan yang baik/bagus (yang menurut dalam Agama) yang tidak di awali dengan Basmallah (بسم الله الرحمن الرحيم) maka perbuatan/perkara itu bagaikan Hewan tanpa ekor, atau tangan. Dan maknanya اجذم dengan Huruf dal memakai titik, bisa di maknakan dengan nama penyakit yang hina, atau juga di maknakan dengan tangannya yang terputus (buntung) atau potong kedua kakinya atau salasatu kakinya.
الحدلله.
Lafadz الحدلله memberitakan/menyampaikan bahwasanya segala puji itu tetap milik dan hanya untuk  الله , namun disini bukan bermaksud hanya menyampaikan saja, melainkan bermaksud mempersembahkan segala pujian kepada الله. Termasuk jenis Qoidah. Namun jika dilihat dari kaca Maa’ni (bilagoh) ucapan الحدلله itu adalah خبريه لفظا انشا ئية معن
Jadi ucapan الحدلله itu adalah menyampaikan sekaligus menghaturkan (mempersembahkan) pujian.
Namun jenis puji-pujian para ulama sepakat ada 4 macam pujian :
1,  puji الله kepada الله . seperti dalm alQuran وهوالعلي العظيم
2, puji الله kepada makhluk.  ان الله اصطفى ادم ونوحا وال ابرهيم وال عمران على عالمين
Al imran ayat 35. Dari ayat inilah Nabi Idam as mendapatkan Gelar Shofiyullah, yang artinya pilihan الله .
3, puji Makhluk kepada الله . seperti seorang muslim membaca الحدلله dan sebainya.
4, puji makhluk kepada makhluk. Seperti nabi Muhammad  memberikan Gelar kepada Sayidina Abu Bakar dengan Gelar “Siddiq/صديق” Benar.
Maka kita juga harus selalu mengucapkan الحدلله karena anugerah Tuhan tiada henti meskipun tanpa kita minta, dan tanpa kita sadari. Selain itu juga saya mengikuti sebuah Hadist : تخلقوا باخلاق الله  . atau sebuah hadist lainnya yang berbunyi : كل كلام لا يبدا فيه بالحمدلله فهو اجذ م  .
Seperti makna رب (Robbi) lebih luas maknanya daripada mulk, ataupun maula, karena Robb itu meliputi sang pencipta, pemilik, penguasa, dan mentuhani.
والصلاة والسلام
Sholawat dan Sallam, Sholawat sendiri jika di sandingkan dengan  الله maka Sholawat sendiri akan menjadi Rahmat, dan jika di sandingkan dengan Malaikat maka Sholawat akan bermakna Istigfar, dan yang terakhir jika Sholawat sendiri di sandingkan dengan Muslim maka akan bermakna Doa. Seperti dalam AlQuran :
ان الله ( رحمة)  وملاؤئكته( استغفار) يصلون على النبى ياايهاالذ ين امنوا( دعاء) صلوا عليه وسلموا تسليما
Beraneka macam bacaan Sholawat, maka bersholawatlah kalian kepada Nabi.
Sekian artikel ini saya lampirkan, semoga bermanfaat bagi semuanya, dan juga menjadi pahala untuk saya, dan sudara saya yang telah kembali ke الله , amin.

0 komentar:

Poskan Komentar

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive