Rabu, 12 September 2012



poto di ambil dari google.com/images/presiden indonesia
Nama        : Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono
Lahir        : Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949
Agama     : Islam
Istri           : Kristiani Herawati, putri ketiga almarhum Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo
Anak         : Agus Harimurti Yudhoyono       dan       Edhie Baskoro Yudhoyono
Pangkat terakhir :                Jenderal TNI (25 September 2000)
Pendidikan:
= Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) tahun 1973
= American Language Course, Lackland, Texas AS, 1976
= Airbone and Ranger Course, Fort Benning , AS, 1976
= Infantry Officer Advanced Course, Fort Benning, AS, 1982-1983
= On the job training di 82-nd Airbone Division, Fort Bragg, AS, 1983
= Jungle Warfare School, Panama, 1983
= Antitank Weapon Course di Belgia dan Jerman, 1984
= Kursus Komando Batalyon, 1985
= Sekolah Komando Angkatan Darat, 1988-1989
= Command and General Staff College, Fort = Leavenwort,Kansas, AS
Master of Art (MA) dari Management Webster University, Missouri, AS
Karier:
- Dan Tonpan Yonif Linud 330 Kostrad (1974-1976)
- Dan Tonpan Yonif 305 Kostrad (1976-1977)
- Dan Tn Mo 81 Yonif Linud 330 Kostrad (1977)
- Pasi-2/Ops Mabrigif Linud 17 Kujang I Kostrad (1977-1978)
- Dan Kipan Yonif Linud 330 Kostrad (1979-1981)
- Paban Muda Sops SUAD (1981-1982)
- Komandan Sekolah Pelatih Infanteri (1983-1985)
- Dan Yonif 744 Dam IX/Udayana (1986-1988)
- Paban Madyalat Sops Dam IX/Udayana (1988)
- Dosen Seskoad (1989-1992)
- Korspri Pangab (1993)
- Dan Brigif Linud 17 Kujang 1 Kostrad (1993-1994)
- Asops Kodam Jaya (1994-1995)
- Danrem 072/Pamungkas Kodam IV/Diponegoro (1995)
- Chief Military Observer United Nation Peace Forces (UNPF) di Bosnia-Herzegovina (sejak awal November 1995)
- Kasdam Jaya (1996-hanya lima bulan)
- Pangdam II/Sriwijaya (1996-) sekaligus Ketua Bakorstanasda
- Ketua Fraksi ABRI MPR (Sidang Istimewa MPR 1998)
- Kepala Staf Teritorial (Kaster ABRI (1998-1999)
- Mentamben (sejak 26 Oktober 1999)
- Menko Polsoskam (Pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid)
- Menko Polkam (Pemerintahan Presiden Megawati Sukarnopotri) mengundurkan diri 11 Maret 2004
Penugasan:
Operasi Timor Timur (1979-1980), dan 1986-1988
Penghargaan:
- Adi Makayasa (lulusan terbaik Akabri 1973)
- Honorour Graduated IOAC, USA, 1983
- Tokoh Berbahasa Lisan Terbaik, 2003.
Alamat :
Jl. Alternatif Cibubur Puri Cikeas Indah
No. 2 Desa Nagrag Kec. Gunung Putri Bogor-16967
Manurut berbagai sumber dari media masa maupun elektronik, Presiden SBY di sebut sebagai Presiden Republik Indonesia pertama hasil pilihan rakyat secara langsung. Susilo Bambang Yodhoyono  adalah merupakan Lulusan terbaik Akabri (1973) yang akrab disapa SBY dan dijuluki ‘Jenderal yang Berpikir’, SBY sangat berenampilan tenang, berwibawa serta bertutur kata bermakna dan sistematis. Dia menyerap aspirasi dan suara hati nurani rakyat yang menginginkan perubahan yang menjadi kunci kemenangannya dalam Pemilu Presiden putaran II 20 September 2004. Namun tetapi tetap saja banyak Rakyat yang tidak suka, entah kenapa? Mungkin karena kebanyakan Rakyat hanya berharap dan menuntut tanpa ada kemauan merubah diri sendiri dan dari hal yang paling kecil “seperti kata ceramahnya AAgym”
Berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden, paduan dwitunggal ini menawarkan program memberikan rasa aman, adil dan sejahtera kepada rakyat. Pasangan ini meraih suara mayoritas rakyat Indonesia (hitungan sementara 61 persen), mengungguli pasangan Megawati Soekarnoputri – KH Hasyim Muzadi.
Popularitas dengan penampilan yang tenang dan berwibawa serta tutur kata yang bermakna dan sistematis telah mengantarkan SBY pada posisi puncak kepemimpinan nasional. Penampilan publiknya mulai menonjol sejak menjabat Kepala Staf Teritorial ABRI (1998-1999) dan semakin berkibar saat menjabat Menko Polsoskam (Pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid) dan Menko Polkam (Pemerintahan Presiden Megawati Sukarnopotri).
Ketika reformasi mulai bergulir, SBY masih menjabat Kaster ABRI. Pada awal reformasi itu, TNI dihujat habis-habisan. Pada saat itu, sosok SBY semakin menonjol sebagai seorang Jenderal yang Berpikir. Ia memahami pikiran yang berkembang di masyarakat dan tidak membela secara buta institusinya. “Penghujatan terhadap TNI itu menurut saya tak lepas dari format politik Orde Baru dan peran ABRI waktu itu,” katanya. Maka, Tokoh Indonesia DotCom menjulukinya sebagai ‘mutiara di atas lumpur’.
Banyak orang mulai tertarik pada sosok militer yang satu ini. Pada saat institusi TNI dan oknum-oknum militernya dibenci dan dihujat, sosok SBY malah mencuat bagai butiran permata di atas lumpur. (Hampir sama dengan pengalaman Jenderal Soeharto, ketika enam jenderal TNI diculik dalam peristiwa G-30-S/PKI, ‘the smiling jeneral’ itu berhasil tampil sebagai ‘penyelamat negeri’ dan memimpin republik selama 32 tahun. Sayang, kemudian jenderal berbintang lima ini terjebak dalam budaya feodalistik dan kepemimpinan militeristik. Pengalaman Pak Harto ini, tentulah berguna sebagai guru yang terbaik bagi pemimpin nasional negeri ini).
Lulusan Terbaik
Siapakah Susilo Bambang Yudhoyono yang berhasil meraih pilihan suara hati nurani rakyat pada era reformasi dan demokratisasi itu?
Pensiunan jenderal berbintang empat berwajah tampan dan cerdas, ini adalah anak tunggal dari pasangan R. Soekotji dan Sitti Habibah. Darah prajurit menurun dari ayahnya R. Soekotji yang pensiun sebagai Letnan Satu (Peltu). Sementara ibunya, Sitti Habibah, putri salah seorang pendiri Ponpes Tremas, mendorongnya menjadi seorang penganut agama Islam yang taat. Dalam dirinya pun mengalir kental jiwa militer yang relijius.
Selain itu, lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) angkatan 1973, ini juga memiliki garis darah biru, sebagai keturunan bangsawan Jawa yang mengalir dari dua arah dan berujung pada Majapahit dan Sultan Hamengkubuwono II. Kakeknya dari pihak ayah, bernama R. Imam Badjuri, adalah anak dari hasil pernikahan Kasanpuro (Naib Arjosari II – darah biru Majapahit) dan RM Kustilah ( sebagai turunan kelima trah Sultan Hamengkubuwono II bernama asli RA Srenggono). Bahkan dalam silsilah lengkapnya, SBY juga memiliki garis keturunan dari Pakubuwono.
Kendati SBY anak tunggal, dia hidup dengan prihatin dan kerja keras. Pada saat sekolah di Sekolah Rakyat Gajahmada (sekarang SDN Baleharjo I), SBY tinggal bersama pamannya, Sasto Suyitno, ketika itu Lurah Desa Ploso, Pacitan. Prestasinya saat SR sudah menonjol.
Dalam proses pengasuhan yang berdisiplin keras, pada masa kecil dan remajanya, SBY juga mengasah dan menyalurkan bakat sebagai penulis puisi, cerpen, pemain teater dan pemain band.
Pria tegap yang memiliki tinggi badan sekitar 175 cm, kelahiran Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949, ini senang mengikuti kegiatan kesenian seperti melukis, bermain peran dalam teater dan wayang orang. Beberapa karya puisi dan cerpennya sempat dikirimkan ke majalah anak-anak waktu itu, misalnya ke Majalah Kuncung. Sedangkan aktivitas bermain band masih dilaksanakan hingga tingkat satu Akabri Darat sebagai pemegang bas gitar. Sesekali masih juga menulis puisi.
Di samping kesenian, ia juga menyukai dunia olah raga seperti bola voli, ia senang travelling, baik jalan kaki, bersepeda atau berkendaraan. Sedangkan olah raga bela diri hingga saat ini masih aktif dilakukan.
Tekadnya menjadi prajurit mengental saat kelas V SR (1961) berkunjung ke AMN di kampus Lembah Tidar Magelang.
“Saya tertarik dengan kegagahan sosok-sosok taruna AMN yang berjalan dan berbaris dengan tegap waktu itu. Ketika rombongan wisata singgah ke Yogyakarta, saya sempatkan membeli pedang, karena dalam bayangan saya, tentara itu membawa pedang dan senjata,” kenang SBY.
Mewarisi sikap ayahnya yang berdisiplin keras, SBY berjuang untuk mewujudkan cita-cita masa kecilnya menjadi tentara dengan masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) setelah lulus SMA akhir tahun 1968. Namun, lantaran terlambat mendaftar, SBY tidak langsung masuk Akabri. Maka dia pun sempat menjadi mahasiswa Teknik Mesin Institut 10 November Surabaya (ITS).
Namun kemudian, SBY malah memilih masuk Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGSLP) di Malang, Jawa Timur. Selagi belajar di PGSLP Malang itu, ia pun mempersiapkan diri untuk masuk Akabri.
Tahun 1970, dia pun masuk Akabri di Magelang, Jawa Tengah, setelah lulus ujian penerimaan akhir di Bandung. SBY satu angkatan dengan Agus Wirahadikusumah, Ryamizard Ryacudu, dan Prabowo Subianto. Semasa pendidikan, SBY yang mendapat julukan Jerapah, sangat menonjol. Terbukti, dia meraih predikat lulusan terbaik Akabri 1973 dengan menerima penghargaan lencana Adhi Makasaya.
Saat menempuh pendidikan di Akademi Militer, itu, SBY berkenalan dengan Kristiani Herrawati, putri Sarwo Edhie. Saat itu, Mayjen Sarwo Edhi Wibowo, menjabat Gubernur Akabri. Perkenalan terjadi saat SBY menjabat sebagai Komandan Divisi Korps Taruna.
Perkenalan itu berlanjut dengan berpacaran, bertunangan dan pernikahan. Mereka dikarunia dua orang putra Agus Harimurti Yudhoyono (mengikuti dan menyamai jejak dan prestasi SBY, lulus dari Akmil tahun 2000 dengan meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, Magelang yang kemudian menekuni ilmu ekonomi).
Pendidikan militernya dilanjutkan di Airborne and Ranger Course di Fort Benning, Georgia, AS (1976), Infantry Officer Advanced Course di Fort Benning, Georgia, AS (1982-1983) dengan meraih honor graduate, Jungle Warfare Training di Panama (1983), Anti Tank Weapon Course di Belgia dan Jerman (1984), Kursus Komandan Batalyon di Bandung (1985), Seskoad di Bandung (1988-1989) dan Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas, AS (1990-1991). Gelar MA diperoleh dari Webster University AS.
Kutipan di atas saya ambil dari berbagai Sumber. Dari Media masa dan elektronik.

Senin, 10 September 2012




Hai Kak Rath, apa kabarnya nieh?? Wah sudah lama banget ya kita  tidak ketemu dan sudah lama juga kita tidak komunikasi, jangan-jangan kak Rath sudah berubah nie jadi gendut, atau makin kurus?? Apapun yang terjadi kan seorang ayah tetap saja terHormat, He he he, gak apa-apa lah berubah, asal sipatnya aja jangan berubah tetep baik, pintar/genius, dan suka menolong (peduli)!
Sekarang aku ingin bercerita tentang pekerjaan ku yang sedang kujalani ini, namanya kak Rath sudah tau kan waktu 13 Bulan yang lalu saya pernah bercerita kalau saya akan pindah kerja waktu di Batam, disini aku sangat betah sekali karena beberapa hal seperti : *aku selalu punya waktu untuk melakukan sholat, terutama sholat Jumatan, *aku memiliki owner yang baik, tidak pelit tidak perhitungan, dan juga ramah/bersahabat dengan karyawannya, *ownernya muslim dan ternyata suka bayar zakat wah suci dong uangnya dan juga jarang datang ke tempat kerja, *menejernya juga baik (mantan atasanku dulu kerja waktu di Batam) meskipun non muslim tapi dia menghormati kami bawahannya, makanya beliau bele-belain tiap hari jumat masuk pagi/middle agar saya bisa sholat jumatan, dan juga atasan2 saya yang lainnya Alhamdulillah baik2 saja,  wah asyik banget ya!
Aku disini menjabat sebagai Captain, mungkin sejenis jabatan  di bawah Leader di atas waiter, tugas saya sangat banyak sekali, saya harus bisa memback up semua pekerjaan kasir, Barista, dan checker di kitchen, namun jujur kak, saya belum bisa melakukan itu, Doain ya agar secepatnya saya bisa menguasai semuanya. Saya benar-benar harus banyak belajar, masih banyak yang saya tidak/kurang mengerti tentang F&B dari mulai Ingredian, persentasi, rasa, dan lain sebagainya, yang lebih parahnya lagi saya tidak suka kopi kan kak Rath tau, tapi disini kan Coffee shop wah gawat gak kak?? Di perkerjaan yang dulu saya juga tidak betah dan tidak begitu paham namun semuanya baik-baik saja berjalan sesuai rencana yang sangat baik karena ada kak rath yang ikut serta berperan ambil andil thk’s ya kak, namun sekarang saya sengaja tidak nulis Email ataupun ber cerita pada Kak Rath semanjak saya mulai masuk kerja, karena saya ingin mandiri berdiri di atas kaki saya sendiri, seperti kak Rath, tapi saya selalu merasa kesulitan dan kesulitan, he he he he
Namun yang saya bikin sedikit kurang betah adalah hm, apa ya?? Anak-anaknya mungkin kurang kompak, terus terang kadang aku risih banget dengan mereka yang kurang menjungjung tinggi rasa etitut/etika, kenapa ya padahal mereka kan sudah pada dewasa dan lulusan sekolahan, tapi etituted/etikanya kurang, sama menejer, sama security, ah pokonya sama yang lebih tua usianya, ataupun lebih tinggi jabatannya mereka bicara seenaknya saja, apakah memang begini ya kak Rath orang-orang Kota?? Kak Rath kan orang Kota juga  pasti tau, tapi saya yakin kak Rath bukan orang seperti itu!!(insaya Alloh)
Lama-kelamaan saya juga merasa kurang betah atau lebih tepatnya tidak betah kerja disini, namun yang akan saya pertahankan adalah saya akan menjadi bagian FF  ini selama saya bisa dan selama saya masih di butuhkan di FF  ini. Tidak apa saya di anggap sampah sekalipun oleh semua karyawan di tempat saya kerja, selama masih ada orang yang menghargai saya, saya akan mencoba untuk bertahan.
Bagi saya pekerjaan sekarang yang sedang saya jalani adalah anugrah dari Alloh taa’la meskipun saya selalu ingin mencari pekerjaan lain!, memang menurut saya ini adalah perusahaan baru branded baru di dunia F&B atau Caffe Resto. Orang-orang yang menurut saya masih mau menghargai saya di depan ataupun di belakang dia adlah : lawan shift dengan saya, Manajer saya, orang yang mengajak saya bergabung ke kaffe ini, 3 dari semua  SPG Butik yang lama yang sudah pada resign, kasir (mahasiswa UIN) , Bu Admin (tapi dia kurang mengasyikan), dan Scurity.  Menurut saya cuman mereka yang bisa menghargai saya didepan ataupun di belakang insya alloh saya percaya sama mereka, dan yang lainnya saya masih ragu kalau mereka mampuh bersikap manghormati saya di depan maupun di belakang!
Oke deh kak Rath, sekian dulu ya Email dari saya, semoga menjadi sedikit hiburan dan pengetahuan he he he he, tolong balas ya kak, Email ini, dan kapan-kapan gantian Dong giliran kak Rath yang bercerita tentang Dunia kak rath, masa saya mulu, kak Rath sangat Jarang menulis Email, apakah sangat Sibuk sekali ya?? Kalo sempat tolong kirim Email  oke??
Maaf ya waktu nikahan kak Rath saya sebagai sahabat kecilmu (adik angkatmu) tidak bisa menghadiri acara yang sangat penting itu, abisnya jauh banget dan saya juga perusahaan tempat saya bekerja tidak bisa member ijin beberapa hari jika bukan acara keluarga sendiri, atau acara urgent, maaf ya semoga keluarga yang Kak rath bengun menjadi Jalan dan Surga.
Maaf ya kak Rath! Sampai jumpa lagi semoga kita bisa secepatnya berjumpa!
Assalamualaikum warohmatullahi wa barokatuh

Sabtu, 01 September 2012

Halo  sahabat Aslam (Blogku) semuanya, jumpa lagi dengan saya sebagai pengelola/penulis  Blog yang sangat amatiran ini, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang dunia malam yang selama ini saya hanya baca di buku-buku dan film/media saja, ini adalah cerita nyata tentang pengalaman saya, dan ini cerita Dewasa, jadi jika Anda kurang suka mohon jangan di lanjutkan (terima kasih) memang agak sedikit kurang sopan karena saya kurang bisa merangkai kata demi kata agar tidak menjadi biang/penyebab naiknya/muncul birahi nafsu, tapi saya janji di sini saya tidak akan menceritakan pengalaman saya secara detail hanya bagian penting saja yang mungkin bagi saya menarik untuk di ceritakan.

Semuanya berawal pada malam minggu saat saya pulang kerja sekitar jam 23:13  tengah malam, maklum sebagai karyawan Kaffee yang menyediakan Live music/band, jadi sudah pasti pulang larut malam, saya pulang dengan jalan kaki ke kosan saya yang cukup lumayan jauh juga jika di tempuh dengan jalan kaki.
Biasanya setiap pulang kerja saya selalu mandi, namun tidak untuk malam hari, paling jika saya pulang kerja paling saya hanya gosok gigi, keramas, cuci muka (kalo bisa hati juga ingin saya cuci he he he) bukan malas mandi tapi katanya kurang baik mandi malam hari, padahal lebih kurang baik lagi kalo tidak mandi he he he, seperti biasa kalau malam minggu kosan pasti sangat ramai sekali karena anak kost 30 kamar pasti ngumpul semuanya, maklum semua panghuni Kosan anak kantoran (kebanyakan mereka kerja di Bank swasta ternama di Indonesia) kecuali saya anak Kaffe. Sangat  bertentangan memang libur kerja saya dengan tetangga kost tercinta, mereka libur hari sabtu minggu/weekend, sedangkan saya libur kerja tiap weekday/senin-kamis.

Ketika saya sedang mengetik/menulis untuk Blog saya yang sangat saya cintai dan selalu ingin saya dandani setiap kali melihatnya,  tiba-tiba tetangga kost saya yang paling kaya sebut saja  AG, dia mengajaku jalan katanya sih mau ke Kota, wah Mangga besar jauh gak ya dari Bintaro?? Ya sudah saya ikut saja, karena besok pun saya masuk kerja jam 15:00 so gak mungkin kesiangan kerja! Kami pergi berempat, saya, AG, ZK, dan AD. Kurang dari satu jam kami sudah sampai di daerah Kota, mungkin karena sudah larut malam jadi tidak terlalu macet, dan ternyata sangat ramai sekali di sepanjang jalan daerah senayan City, sampai Bundaran HI banyak terparkir mobil-mobil mewah dan anak-anak muda yang usianya sekitar  menurut saya mereka anak kuliahan, atau anak kantoran yang memang anak muda yang kaya raya terlhat dari mobil-mobil mewah, pakaian branded dan dari style mereka. Kami pun memasuki area  parkir M Hotel & Spa memang nama hotel ini mirip dengan nama sala satu Kota/daerah di jawa tengah, dan hampir  sama dengan nama Rokok merek International,  bagi anda yang sering berwisata malam di Jakarta pastilah sudah tau nama Hotel ini, dan sudah tidak aneh lagi. Teman kerja saya juga tau tempat itu sumpah dia padahal alim lho, katanya dulu sempat kerja di pub sebelumnya , tapi sekarang dia sudah insyaf kayaknya, makanya dia keluar kerja di tempat seperti itu dan memilih kerja di kafe yang mungkin penghasilannya setengah/seperempat dari penghasilannya di pub/Club.

Kamipun (saya AG, ZK, dan AD) menemui  Receptionis, saya tidak tau apa yang akan dan harus  saya lakukan ketika sudah di dalam nanti,  ya sudahlah masuk saja, saya di kasih sebuah Gelang oleh  receptionis yan sangat  cantik  dan  ramah,  gelang dengan no seri yang sudah pasti berbeda  dengan pengunjung lainnya termasuk 3 teman (AG, AD, dan ZK) gelang itu merupakan tiket Masuk ke Hotel tersebut, dan tentu saja mau pesan apapun harus memperlihatkan no seri Gelang yang kita pakai,  ketika saya sudah masuk di dalam Hotel saya sangat kaget, karena mungkin saya belum pernah ke tempat seperti ini, tempat dimana Music sangat keras, tempat gelap yang hanya ada cahaya lapu kelap-kelip berwarna, dan wanita cantik dan seksi begitu bangay duduk di sudut-sudut Sofa dengan pakaian minim, dan sangan glamour, kebanyakan dari mereka berkumpul  hanya perempuan saja, meskipun ada juga yang bergabung dengan lelaki sambil memegang gelas.
Namun yang paling membuat saya sangat kaget adalah ketika saya melihat ke panggung yang mengelilingi DJ yang sangat Cantik dan seksi, di atas panggung yang sangat meriah dengan lampu menyala warna-warni dari bawah, bagi mereka yang sering kali mendatangi tempat seperti ini mungkin sudah sangat terbiasa, ada beberapa perempuan menari dengan sangat lincah dan berpakaian seragam, mereka menari mengikuti  musick DJ, lenggak-lenggok, kadang berkeliling, kadang juga menengok kepada kami penonton mungkin kalau ada yang minat mereka akan turun dan menemuinya.

Para penari itu memang cantik-cantik, meskipun ada yang menurutku kurang cantik walau tubuhnya menarik. Beberapa menit kemudian AG mengajaku naik ke lantai 2, dan di ikuti ZK, sedangkan AD aku  tidak tau dia kemana sejak  masuk  saya  tidak melihatnya, di lantai dua juga sama tempatnya seperti itu, hanya saja terdapat begitu banyak Sofa-sofa yang tertututp tirai yang tipis, sehingga orang yang di dalamnya sedikit kelihatan meski tidak sepenuhnya, aku hanya diam saja melihat para penari di atas panggung itu, namun AG dan ZK dari tadi ku lirirk mereka jilalatan, nengok sana- sini entah apa yang mereka cari, lalu teman saya menawari minum apa, karena mereka tau saya tidak akan minum minuman Keras/alkohol, begitupun dengan AG menawariku minum, aku hanya pesan Cocacola saja, dan mereka memesan San M kalau tidak salah, saya tidak tau minuman apa itu, dan untuk menjaga agar tidak minum harddrink  hanya minum softDrink saja, setelah masing-masing mendapat minumannya kamipun turun lagi ke lantai dasar dan berkeliling, saya semakin bingung apa yang mereka cari sepertinya  sibuk seakan mencari orang yang hilang di tengah kerumunan, aku lelah malihat gerak gerik/tingkah laku orang-orang yang ada di sini, akhirnya sayapun duduk di kursi depan panggung.

Sungguh aneh dan mungkin ini adalah pengalamanku seumur hidupku dengan mata kepala sendiri melihat hal seperti yang di tayangkan Film-film Hollywood di TV, dimana para penari itu mulai mencopot  pakaiannya sambil terus menari hanya memakai Bra dan CD, dan lama kelamaan Bra & CD nya juga di copot lalu setelah beberapa menit mereka turun panggung, dan di ganti Para penari lainnya yang masih berpakaian lengkap, dan itu terus terjadi entah sampai kapan?? katan Hardi seorang pegawai tempat itu sampai jam 3:30 pagi.

Dengan tiba-tiba seorang perempuan salasatu dari penari tadi duduk di pangkuanku, aku sangat kaget dan berkata padanya kalau aku tidak pesan dia, “saya di suruh teman Anda mas” katanya,  oh ternyata si AG yang ngerjain saya, kurang ajar!! sangat membuatku dag dig dug tak sadar, untung saja di tempat umum, kalo di tempat sepi Mampus tuh Cewek sialan.

Bagiku ini sangat memalukan, selain di tempat umum, aku juga belum pernah kulakukan pada siapapun, jujur saja dari semenjak pacaran aku paling nakal hanya pegangan tangan dan hanya sebatas cium kening cewek saya, selebihnya saya belum pernah melakukan hal di luar itu dengan teman perempuan saya, karena mungkin saya terlihat sangat gugup dan kaku jadi perempuan bayaran itu  mulai percakapan dengan saya, dia memegang tangan saya seakan menghipnotis saya sampai saya menurut saja apa yang dia lakukan terhadap saya, untung saja di tempat  umum/terbuka kalau tidak Mungkin saja saya sudah berZinah dengannya (naudzubillah) disini saya tidak mau sok suci, karena untuk apa saya datang ke tempat  laknat seperti ini kalau saya  terus beristigfar, saya hanya mempernmainkan tuhan jika saya beristigfar di Tempat seperti ini, karena wanita yang duduk di pangkuan saya ini dia hanya memakai CD saja, aku begitu lemah tak berdaya saat dia mengarahkan seluruh tanganku ke bagian-bagian perempuan yang selalau tertutup ditempat umum, aku hanya diam takut berbuat yang lebih meskipun jujur saya sangat menikmatinya, tapi Dosa tetap saja Dosa apapun itu,.
Perempuan itu bernama Chaca, dia Orang Cicaheum  derah Bandung memalukan banget satu Daerah dengan saya, katanya sangat  jarang sekali orang Bandung/Sunda  yang datang ke tempat ini, mungkin mereka tidak suka tempat seperti ini, atau ada tempat yang lebih dari ini saya tidak tau iti, Chacha  kerja di tempat ini baru 4Bulan, dan dia tinggal di apartement, kami mengobrol dengan bahasa daerah kami seakan saya ngobrol dengan tetangga, “Lamun panggih di luar ulah loba gandeng nya, api-api teu nyaho we” itulah kata Chaca dengan merasa tidak bersalah dengan apa yang dia katakana, yang selalu teringat sampai saat ini. Terakhir dia ngobor sama saya dia minta minum Tequila 2 gelas kecil saja, saya  tidak menjawabnya hanya senyum dan menganggukan kepala, lalu dia minum dan berkata, kalau kesini temuin saya di sebelah sana ya” sambil menunjukan arah sofa yang aku sendiri tidak begitu mendengarkan,  sudah ya saya mau Nari dulu, dah.
Karena jam menunuikan jam 02 pagi akhirnya saya mengajak mereka pulang, “LU mu main gak?? Kalo mau ada murah tapi tidak di sini” kata AG mungkin karena dia melihat aku sudah merasa BT, padahal bukan Bosan tapi aku jujur di tempat bebas melakukan apapun ini saya tidak ingat Dosa ataupun Tuhan, tapi yang saya ingat adalah Orang tua saya, bagai mana jika mereka  tau aku anaknya seperti ini akhlaknya, wah bisa saya di kutuk, pasti mereka sangat sedih banget.dengan apa yang saya lakukan ini.

Lalu kamipun keluar dari  M hotel & Spa itu melalui receptionis untuk menyerahkan Gelang sebagai tiket masuk itu. Kebetulan saya lah yang terakhir dari AG, AD, dan ZK, saya harus membayar sebanyak Rp 425.000, hah saya kaget apa saja yang saya bayar, saya hanya minum Softdrink dan masuk Rp 100.000 . karena saya tidak membawa uang jadi saya lakukan pembayaran dengan gesek card, lalu saya mendapatkan Bill saya dan costumer pass untuk ijin keluar yang harus di serahkan ke security, dan saya pun melihat Bill saya 

M Hotel & spa
No :NC201209010000275330      NO.ID: C072
TGL 02/09/2012  01:07:28            OP     : 901015
KASIR   : IMAH
FASILITAS                                        Rp.   100.000
CLUB                                                Rp.   250.000
SUBTOTAL         :  Rp.   350.000
SERVICE   10%  :   Rp.    35.000

TOTAL                :  Rp. 385.000
PPN   10%          :  Rp.   38.500

GRANDTOTAL   :   RP.  423.500

JENIS PEMBAYARAN    : VISA
Detail  Transaksi   : NC201209010000275330
TEQUILA   STRITEASE
    5 X                50.000  =    Rp.  250.000 

FASILITAS     : Rp.   100.000
SUBTOTAL    : Rp.    350.000
SERVICE 10%  : RP.  35.000

TOTAL    :  Rp.  385.000
PPN 10%    : Rp.  38.000
GRANDTOTAL    Rp.  423.000

TERIMA KASIH

Meskipun ini adalah hal  pertama dalam hidup saya namun jujur Saya benar-benar sangat merasa  sangat kerugian materi  karena  bagi  saya uang sebanyak itu sangat besar sekali, bagi saya dan keluarga saya, dan saya juga rugi waktu karena waktu istirahat saya habis hanya untuk menonton para penari telanjang, saya juga rugi akal sehat saya, meskipun saya sendiri sangat menikmatinya dengan menonton para penari telanjang dan kenal dengan Chaca sala satu penari telanjang membuat saya selalu berfikiran kotor setiap kali saya melihat seorang perempuan yang perpakaian seksi/minim, namun karena iman saya masih tipis saya tidak merasa kerugian amal saya akan di lebur 70 tahun dengan melakukan pendekati akan Zinah, dan kata ustadz kita tidak akan di terima Ibadah/amal baiknya jika kita melihat kemaluan manusia.  semoga saja ini adalah yang pertama dan yang terakhir dalam hidup saya seperti ini, sebelum terlanjur melakukan yang lebih jauh lagi.
Kalo tidak kuat mah mendinganan saya Nikah aja deh!!!
Ternyata benar semua Cerita di dalam Buku-buku Moeamar Emka semuanya Terbukti itu semua Fakta!
I Love you Moeamar Emka & I Just wanna say Thk;s

Manusia menurut agama islam ada 4 bagian/golongan di antaranya adalah yang akan saya Bahas di bawah ini :
1.     Mukmin Mukhlish : Orang yang Beriman mempercayai dengan yakin hatinya serta mengerjakan seluruh jiwa raganya  semuanya akan ilmu syara/hukum syara’ segala perintah Alloh ta’ala. dan menjauhi semua hal/tingkah laku yang di larang oleh syara/Agama’ (Dosa) orang seperti ini akan memasuki Surganya Alloh ta;alatanpa di hisab (di hitung amalnya) karena Alloh ta’ala telah berjanji dalam Alquran.
2.     Mukmin Pasik/fasek, Orang yang Beriman mempercayai dengan yakin hatinya akan semua perintah dan larangan Syara’ (Alloh ta’ala) akan tetapi dia suka melanggar perintah Alloh ta;ala, dan melakukan pekerjaan yang di larang oleh Alloh ta’ala. Orang seperti ini ada dua bagian, sebagian yang Taubat sebelum meninggal, atau dia tidak taubat akan tetapi dia meninggalnya karena kecelakaan maka dia termasuk mati Syahid, seperti terjatuh, atau meninggalnya hari jumat, dan lainnya,  jika dia masih memiliki amal soleh/baik maka dia termasuk Mukmin Mukhlish.    Sebagian lagi Adalah Mukmin yang tidak sempat Taubat ebelu meninggal dunia, maka dia akan menjadi dua golongan juga yaitu yang di ampuni oleh Alloh ta’ala karena kemurahan Alloh ta’ala maka masuk ke golongan mukmin mukhlish,  dan sebagian lagi yang tidak di ampuni Dosanya dan dia masuk Neraka sampai habis semua Dosanya ketika didunia dan dia akan masuk surge setelah Dosanya bersih.
3.     Kafir, menurut Agama Islam adalah Orang yang tidak beriman/mempercayai akan Alloh ta;ala. bahwa Tiada tuhan selain Alloh ta;ala, dan dia tidak menjalankan akan semua hukum/Rukun islam dan rukun Iman, maka orang seperti itu akan masuk Neraka selamanya dengan ancaman Alloh ta’ala.
4.     Munafik/munafeq, Orang yang tidak meyakini.beriman kepada Alloh ta’ala, akan tetapi dia menjalankan salasatunya perintah Alloh ta.’ala karena takut atau malu jika tidak melakukannya, atau karena ikut-ikutan dengan orang lain, maka orang seperti itu akan masuk Neraka Allh dengan ancaman Alloh ta’ala, Maka bertaubatlah.

Kamis, 23 Agustus 2012


Ass . . Kak Rajh met Lebaran ya, gimana Lebaran ini kak Rath Mudik Lebaran??. Ah bagi saya itu tidak terlalu penting, karena pasti hanya kumpul-kumpul bersama  keluarga, saudara, dan mungkin teman-teman sekampung (old Friends),  dari dahulu saya memang sangat menanti-nantikan Suasana Lebaran (idul fitri) karena saya bisa bertemu dengan kak Rath, bapak mu (Om Ramdhan), karena tiap ketemu pasti Om Ramadhan selalu memberiku sebuah Buku bagus dan pasti aku suka bukunya, He he eh ngarep dikit boleh dong!

Sebenarnya  moment yang sangat saya impikan saat Idul fitri adalah saat dimana saya akan bertemu dengan teman sekampung, lalu kami akan berbagi  cerita/pengalaman hidup di perantauan, dan pengalaman berharga lainnya yang mungkin tidak pernah di temukan selama di kampung halaman,  dengan begitu orang-orang yang selalu hidup di kampung akan termotivasi untuk mencoba merantau, mengejar cita dan asa, “memang di kampung juga Lapangan kerja tidak kekurangan, namun akan tetapi jika terus di kampung hidup kita tidak akan ada kemajuan” kata-kata itu pernah terlontar dari mulut seorang teman saya tahun 2003/9 Tahun yang lalu,  memang di kampung halaman saya, jarang sekali orang yang merantau  bisa di hitung dengan jari, dulu  kebanyakan para penduduk kampung halaman saya lebih memilih hidup di kampung halaman dengan pas-pasan, dan yang sekolah menengahpun sangat jarang, jadi mereka lebih memilih aman saja. tidak seperti sekarang yang sekolahan swasta dan Negripun berdiri dimana-mana, itu adalah nilai plus bagi kampung Halaman saya dan sekitarnya.
Kak Rath tau sendiri kan Biasanya setiap akhir Ramadhan/pekan mudik, anak-anak yang baru mudik meneraktir anak-anak kampung, dulu kak Rath juga pernah mentraktir aku dengan acara memasak (ngaliweut) dan bakar ikan/ayam bersama teman-teman kak Rath dari Jakarta, sebenarnya saya ingin mengajak teman-teman se kampung saya tapi mereka tidak mau, ya memang sya tidak punya seseorang yang mau ku ajak berbagi dalam kehidupan saya ketika saya berbahagia apalagi ketika saat saya berduka/sedih.  Padahal saya sanga suka ngumpul dan tukar cerita dan apapun sampai waktu sahur sama teman sekampungku, atau sampai ngantuk mulai menyerang kami,   namun moment/suasana penting seperti itu sudak tidak ada sekarang di kampung halamanku, ya  sekitar  6 Tahun yang lalu, semenjak ke egoisan mulai menyerang orang kampungku dan para pemudik, semenjak Teknologi menjadi Virus yang mematikan kebersamaan, kekompakan dan ke harmonisan kampung. Yah memang benar Teckhnologi mendekatkan orang jauh, dan menjauhkan orang dekat, kadang jika hari-hari libur biasa saya pulang kampung saya hanya diam di rumah bersama keluarga, dan jalan-jalan saja bersama keponakan saya membawa motor, atau kaliling daerah kampung sendirian.

Mungkin kak rath tidak tau kalau Sekarang beberapa tahun yang lalu setiap  menjelang Lebaran suasana ke akraban kekompakan dan kebersamaan sudah pudar, itu hanyalah masa lalu, itu semua sudah tidak berlaku,  mereka yang  mudik yang sudah di kampung halaman diam di rumah bersama keluarganya masing-masing, menghabiskan waktu mudik bersama keluarganya, bersama teman-teman kerjanya/di perantauannya karena jarak sudah bukan lagi masalah,  kami hanya bertemu di Masjid saat sholat Ied, atau ketika di jalan itupun hanya salaman senyuman tegur sapa secukupnya dan kembali ke aktifitaasnya masing-masing, atau kadang bertemu di Pemakaman umum ketika  sedang Berziarah ke makam orangtua, saudara (karuhun),  suasana Lebaran sudah tidak lagi terasa di era Milenium ini, suasana  lebaran tidak ada bedanya dengan pulang kampung biasa, hanya saja  waktu agak lama, macet di perjalanan sangat lama/panjang, dan mungkin makanan khas kalau ada! Selebihnya No think,  apalagi dengan saya yang bekerja di daerah Bintaro, dan berkampung Halaman di daerah Bandung Barat. Yang kapan saja mau pulang kampung bisa di dugdag (pulang-pergi seharian).

Makanya di Hari raya idul fitri ini, ketika atasan di tempat saya mengumumkan bahwa Hari raya tetap buka (hanya saja  mulai jam 12:00/13:00 sampai selesai) saya tidak kaget meskipun dalam hati kecil saya ingin mudik lebaran,  toh saya bisa pulang kapan saja, dan saya sudah sering pulang sebelumnya juga!jaman sekarang meskipun jauh kita bisa membeir uang dengan hitungan detik ke orang tua/saudara, atau kita juga bisa berkomunikasi kapanpun kita mau! Doapun bisa di kirim kapan saja melalui malaikat ataupun Tuhan/Alloh. (transfer)

Namun Hari Raya idul Fitri semakin berharga bagi saya, karena Hari Raya Idul fitri adalah Hari Wafatnya Ayahanda saya yang tercinta, dan setiap Hari Raya idul fitri kami sekekluarga selalu kumpul, memanjatkan Doa bersama Untuk keluarga kami yang sudah terlebih dahulu pulang ke Rahmatullah, dan akhirnya sayapun mudik H+3 sampai H+5, dengan menaiki angkutan umum yang di tempuh perjalanan sekitar 2/3jam tanpa macet dan ngetem kendaraannya. Tentu saja saya pulang kerja Dari bintaro langsung ke Ciputat dengan di antarkn Naik sepedah motor oleh Rekan kerja saya, lalu saya Naik Koantas bima ke Kampung Rambutan dan turun di Pasar Rebo/jalan Baru Naik bis jurusan Purwakarta, naik angkot dan di jemput naik Motor oleh teman lama saya di kampung halaman kak rath masih inget dia kan yang sering aku ceritakan, oh iya  kak saya sampai ke Rumah orang tua saya sekitar jam 20:30 setelah sebelumnya saya sholat dulu di perjalanan.

Tempat paforit di tempat/daerah saya adalah Bendungan/Waduk PLTA Cirata, yang paling banyak di kunjungi ketika akhir pekan, dan Hollyday lainnya, apalagi saat Tahun Baru, dulu kami sering ngumpul bareng rame-rame sekampung di Bendungan PLTA cirata ini, setiap minggu pagi dan Jumat Sore (lari), kenapa saya bercerita pada kak Rath orang yang sering berkunjung ke tempat ini, aneh ya??? tapi sayang sekali kak, teman-teman sekampungku sudah pada Nikah, kak rath juga sudah Nikah.  meskipun usia mereka sangat muda/jauh di bawah usiaku, tapi mereka sudah pada menikah dan bahkan ada yang sudah punya anak. Kok bisa ya mereka menikah dengan gampangnya, padahal mereka masih pengangguran/belum punya penghasilan.  Itulah hebatnya hidup di kampung, cepat menikah.

Ngomong-ngomong Cepat menikah ada yang tersinggung nieh!! He he

Selasa, 21 Agustus 2012

Malam ini saya pulang sangat terburu-buru,  karena takut ketinggalan bejamaah solat Isya dan Teraweh, biasanya sebelum adzan isya saya sudah standby di Kosan  dan berangkat ke masjid setelah adzan berkumandang.

Sebenarnya tadi Di tempat kerja juga tidak begitu Ramai, jadi saya bisa pulang sebelum waktu Isya tiba, namun Saya harus menunggu lawan shift saya kerja, dia sedang solat Magrib mungkin sembari Meroko jadi agak lama.

Saya pulang dengan sangat terburu-buru biasanya Jalan kaki karena dekatkira-kira 1KM, tapi sekarang saya naik Angkot biar cepat sampai ke kosan saya, ternyata  benar saja belum sempat masuk kosan saya,  Adzan isya sedang berkumandang  saya langsung ke kamar mandi ambil wudhu dan segera ke masjid. setelah saya sampai ke masjid ternyata bukan saya saja yang terlambat, tapi ada juga Jamaah yang terlambat, dia yang sering sholat teraweh dekatku yang saya sendiri tidak tahu dan tidak kenal, saya hanya kenal wajah saja. dia membawa Tas yang sangat mengembang entah apa isinya kelihatan sangat penuh, seakan penuh dengan isinya yang ringan, mungkin  dia pulang kerja, atau pulang sekolah, yah saya bisa menebaknya dia Masih muda, paling dia anak sekolahan, dia sedang sibuk merapikan pakain Resmi untuk solatnya yang putih, saya ingin menyapanya tapi itu tidak mungkin, aku hanya menghampirinya dan mendahuluinya masuk ke masjid tanpa senyuman, tanpa sepetah katapun terlontar dari saya. karena saya pun sudah ketinggalan satu Rakaat solat isya. Memang se orang muslim sangat buruk perplilaku seperti saya tadi “jangan di tiru” harus mengucap salam dan menyapa dengan sesama muslim karena saudara! tidak apa-apalah sholat isyanya sudah selesai satu Rakaat.
            Setelah selesai sholat teraweh saya pulang dengan tergesa-gesa kaarena pulang kerja tidak sempat mandi, ketika saya sedang melintasi diluar masjid saya menoleh ke dalam masjid yang saya tinggalkan tanpa pamit ‘ah apa peduliku Masjid kan benda mati” guman hatiku, aku melihat  orang tadi yang saya acuhkan saat akan masuk masjid (sekarang saya merasa bersalah, padahal saya tidak melakukan kejahatan lho sumpah!!!) dia mengeluarka alquran dari tasnya yang sangat besar itu, lalu  membaca AlQuran  sendirian “wah mantap tuh kalau saya nimbrung tadarusan (ngaji Quran) mumpung ada teman di masjid” hati kecilku yang tersinari cahaya Hidayah Alloh.
Sayapun mempercepat langkah kaki saya menuju Kost dan mengambil AlQuran yang sudah 3Tahun setia menemani saya kemanapun saya pergi. Dan langsung kembali ke Masjid,  saya duduk di sampingnya (lumayan sajadahnya kosong sebelah kirinya, saya numpang duduk di atas sajadahnya) tadi saking tergese-gesanya sampai saya lupa membawa sejadah. Di masjid Kami hanya ber 4 tadarusan di masjid itu memang sangat kecil (bukan masjid tapi Surau)
Beberapa puluh menit kemudian (ustadz yang biasa ngurus masjid tanpa imbalan itu) salasatu dari kami pulang setelah dia tiduran sebentar dan mengeluarkan Mineral water Gelas satu box, kami tetap tadarusan dengan khusyu,  sekitar sejaman satu orang lagi pulang (tanpa pamit lagi waah mentang-mentang gak akan saya kasih ongkos, pergi begitu saja) tinggalah saya berdua dan orang tadi, maklum saya penakut jadi mau gak mau waktu tadarusan saya di masjid ini sampai dia pulang, jadi saya tergantung dia he hehe eh (saya tidak merasa  enak kalau sendirian di masjid), dari pada saya membaca AlQuran dengan tidak tenang mendingan saya memberanikan diri bertanya  supaya  saya       tau sampai kapan saya tadarusan di Masjid ini “maaf Mas sampai kapan Anda mengaji ALQuran disini??” 
ucap saya dengan penuh keberanian penuh perjuangan, ha haha ha Lebay banget kata orang yang baca tulisan ini,   suka hati lah yang penting asli tidak bajakan!!!!
Dia menghentikan tadarusannya 
“mungkin pasti sampai Sahur nanti” sambil senyum  dan melanjutkan kembali tadarusannya,
“Okay thk’s   ya saya tidak mau kalo ditinggal sendirian di masjid ini” ucap ku tiba-tiba, sumpah tiba-tiba aku tidak bohong ini bukan rencanaku lho!!

“emang gue pikirin, bukan urusan gue, siapa elo??” seandainya dia menjawab begitu sumpah saya mau langsung saja pulang, tapi dia tidak berkata apa-apa hanya ayat-ayat ALQuran yang terdengar dengan sangat pelan dan hati hati  dan sayapun melanjutkan tadarusan lagi.
saya tidak peduli  ah, yang penting saya bisa tenang tadarusan sampai sahur kalau dia memang tadarusan sampai sahur, dan sayapun kembali tadarusan lagi sampai beberapa menitan saya baru sadar kalau dia tidak ada, wah aku pulang aja deh takut sendirian disini, ketika saya hendak pulang ke kosan dengan tergesa-gesa tapi saya tidak jadi pulang ke kosan karena tas dia masih tergeletak di deket sejadahnya, berarti dia masih ada ya mungkin saja dia ke toilet, atau cari makanan, atau apalah tak peduli saya “apa peduli saya kenal saja tidak” yang penting dia jangan pulang sebelum waktu sahur tiba, karena dia sudah janji dan janji itu adalah hutang, dan membatar hutang adalah sebagian dari Agama.
Beberapa menit kemudian ketika saya sedang tadarusan, dia datang sepertinya dia sudah wudhu terlihat dari muka dan tangannya yang basah, saya menghentikan tadarusan dan memulai percakapan
“maaf kamu sering tadarusan ya?” Tanya saya basa-basi, agar dia tidak merasa Bosan, dan tidak meninggalkan saya, jujur saya tidak berani jika harus sendirian di masjid.

“tidak, ini yang kali pertama saya” jawabnya dengan hati-hati dia sangat lancar bahasa Indonesia, tapi tetap saja katahuan dia Orang bule

“oh, kamu memangnya tinggal dimana?”

“hm, saya tinggal di amerika”

“Amerika?” saya kaget jauh banget dari amerika sholat teraweh ke masjid kawasan Bintaro “di sini tinggal dimana?” saya masih bingung dan penasaran.
“hm, kamu tau RL? (nama di samarkan demi kepentingan Cerita)”

“tidak” jawab saya  dengan cepat!

“dia itu hm, sepupuh saya, dan saya sedang Liburan di sini bersama Mama saya”

“oh kamu disini tinggal dimana?”

“saya tinggal di Pondok jaya” wah juah banget dia tinggal di pondok jaya, sekitar 1,3 KM dari masjid depan kosan saya ini!

“kamu kesini dengan siapa? Terus jalan kaki?” introgasi saya makin penasaran, wah saya sudah cocok belum ya jadi wartawan?? He he he

“saya kesini di antar jemput sama sepupuh saya, nanti saya dia hubungi akan menjemput saya” jawabnya dengan jelas dan sabar menjawab setiap pertanyaan saya

“kok jauh sekali kamu sholat teraweh di Surau ini?” masih penasaran saya memang paling suka bertanya dan mendengar pengalaman orang lain,

“kebetulan saya dulu tinggal di Indonesia sampai usia 9 Tahun, dan saya punya teman baik di sini”

“wah hebat ya saya salut lho sama kamu kok kamu solatnya lancar siapa yang ngajarin?’

“mama saya dia yang mengajarkan saya  “jawabnya dengan memainkan HP touch screen ber logo aple bekas gigitan, yang membuat saya ngiler, kalau saya minta di kasih tidak ya?? He he he

“wah ibumu orang alim ya pasti dia hebat selamat ya kamu punya mama yang sangat di impikan semua orang”  ucap saya masih ngiler (tapi tidak ngeces) malihat Hp nya yang sangat keren, sumpah saya baru sekarang melihat Hp model seperti itu sepertinya model Baru!

“terima kasih”
Sebenarnya saya ingin ngobrol banyak lagi tapi tujuan saya ke masjid ini untuk membaca alquran (tadarusan/itikap) lalu saya memulai membaca alquran, dan dia pun membaca alquran juga! Mungkin di lain kesempatan saya akan mengajaknya berbincang-bincang.
Saya melihat jam menunjukam jam 12:13 wah berarti saya sudah 3,5 jam di masjid ini, kulihat dia sibuk dari tadi mengetik-ngetik Hpnya yang bikin aku ngiler itu  (berapa ya harganya?), sudah pegal banget ya, padahal baru saja 3,5 Jam, memang kalau di pakai ibadah Jiwa raga ini susah kompromi pasti ada saja alasannya! Dan saya pun memulai pembicaraan lagi daripada sepi, “ kamu besok itikaf/tadarusanlagi di sini tidak?”
“insya alloh” jawabnya dengan agak bingung, wah jangan-jangan bingung karena ketemu saya yang banyak nanya?
“oh ya Saya Farid” ucap saya sambil mengulurkan tangan saya.
“saya “JK” (bukan Jusuf kala lho, itu di singkat saja, demi privasi, coz saya tidak ijin dulu kepada JK  ketika  saya  menulis cerita ini) namanya 100% amerika/Bule, fisiknya juga 100% Bule, Agamanya mudah-mudahan insya Alloh 100% Islam (amin) karena sesungguhnya hanya Orang yang bertaqwa yang paling mulia di sisi Alloh, karena harta jabatan fisik status pendidikan dan sebagainya itu semua tidak ada artinya di Mata/menurut Alloh. dan seharusnya seperti itu juga manusia memandang manusia lainnya!!
Karena saya terus bertanya-tanya tentang kehidupan/pengalamn  dia selama hidup, dia dengan sabar mau berbagi cerita sama saya, memang di orang baik, saya yakin orang tuanya mengajarkan yang demikian (yang baik-baik), dan saya yakin Orang tua dia oarng yang Baik, (semua pujian hanya Milik Alloh karena semua perkara/hal di dunia ini tidak  akan terjadi tanpa kehendak/ijin Alloh ta’ala.
Dari semua ceritanya, Saya tahu ibunya yang hebat itu, Orang Indonesia asli, dan  Ayahnya juga memang hebat, bekerja untuk kedutaan Amerika untuk Negara Arab, ayahnya warga kebangsaan Jerman, dan sudah menjadi warga Negara Amerika, si Jk juga memang warga Amerika, dan dia dari kecil suka berpindah-pindah sekolah/tinggal ke berbagai Negara, wah pengalaman yang paling saya impikan keliling Dunia!
Saya juga sempat menanyakan dia tinggal di Amerika seperti apa susah senangnya jadi Orang islam??
Katanya, dia kuliah jurusan Akuntansi, di daerah Amerika yang sangat susah masjid, jauh benget katanya, kalau sholat jumatan dia menyewa taksi menempuh perjalanan skitar 20 mil, dia juga susah mendapatkan makanan Halal di Amerika, dan dia tinggal di Asrama, dan sekamar berdua dengan orang yang non muslim, di tempat kuliahnya memang ada  komunitas Muslim, tapi sangat sedikit, dan jarang aktif, apalagi Orang muslim yang kuliah di amerika sudah banyak yang lupa jati diri Agamanya yang harus dia junjung tinggi itu, saya semakin salut dengan Orang tuanya JK mampuh mebangun akhlak anaknya yang Insya alloh dapat berpegang teguh pada hukum/aturan agama Ialam, mudah-mudahan saja suatu saat saya bisa bertemu dengan orang tuanya yang sangat hebat itu, Mudah-mudahan keluarganyan itu selalu mendapatkan pertolongan dan petunjuk dari Alloh tuhan pencipta alam semesta, mudah-mudahan keluarga mereka mendapatkan ke bahagiaan selalau!
Si  Jk dia rajin Ibadahnya (aku saja yang baru kenal malam itu sudah sangat jelas tahu, ketika dia tidur dulu beberapa menit untuk menyempurnakan solat malam, lalu bangun dan solat malam/tahjud dan berDoa dengan khusyuk nya!   Lalu saya juga bangun ambil wudhu dan sholat tahajud, ketika dia sudah selesai sholat, den sedang berbincang-bincang dengan sahabatnya yang dari kecil.
Setelah solat tahajud saya langsung pamit saja sama si  JK dan sahabatnya itu, “Farid ini Bagian kamu” katanya sambil memberiku sebotol Minuman Rasa jeruk asli yang lagi ngetrend saat ini di Indonesia,
“oh terima kasih ya  JK”
“sama-sama, oh ya Farid besok saya kabari melalui SMS”
“oke thks ya minumannya” sambil saya menjabat salaman dengan si Jk dan sahabatnya itu, memang tadi kami sempat tukeran No Hp dan Email biar tidak putus komunikasi!
Semenjak say bertemu dengan jk saya merasa bercermin, ternyata saya Ini pemalas dalam beribadah, saya ini Sombong padahal sombong itu pakaiannya Alloh tuhan semesta alam, dan saya ini miskin  amal tapi tidak mengemis kepada tuhan, pokonya setiap saya ingat si Jk saya kadang merasa malu, saya sok alim selama ini.
Sebenarnya saya masih banyak yang ingin saya tanyakan, saya juga ingin berdiskusi tentang Agama yah share saja, waktu itu saya berharap besok dan selanjutnaya saya bisa berbincang tentang hal-hal yang Positif/baik, baik itu tentang kehidupan/pengalaman, ataupun tentang agama/wawasan, sebelum dia kembali ke Amerika untuk melanjutkan Kuliahnya, katanya tingal 5 hari/seminggu lagi dia akan kembali ke amerika!
Tapi sayangnya  ke esokan harinya dia tidak ada sholat teraweh di masjid, saya tanyakan kabar dia juga tidak ada balasan sms saya, saya takutnya dia sakit, ataukah dia sudah kembali ke Amerika lagi! Padahal saya belum puas mendengarkan cerita pengalamannya.
Dan sampai saat ini, saat saya menulis  cerita ini sudah 8 hari, mungkin saja dia sudah kembali Ke Amerika.

Oke deh Selamat jalan Jk semoga tercapai semua cita-citamu, semoga Alloh selalu melindungimu dan keluargamu di Dunia dan akhirat,
Terima kasih telah sabar menjawab semua pertanyaan saya, terima kasih mau menemani saya Tadarusan di Masjid sampai sahur, terima kasih untuk semua cerita/pengalaman hidupnya yang sangat saya sukai dan akan saya abadikan buat jadi pelengkap hobby saya (menulis dan mendengarkan).

tidak lebih dari semalam kita berbicang/mengobrol di masjid, begitu banyak ilmu dan pelajaran yang ku dapatkan darinya.
aku jadi ingat kata ustadzku dulu waktu aku tinggal di pondok pesantren beliau berkata "jika seseorang membuat kamu ingin melakukan ke baikan, maka dia adalah orang yang baik, dan sebaliknya jika seseorang membuat kamu ingin melakukan keburukan , maka dia orang yang buruk pula bagimu"
sebenarnya esok harinya kami sudah sepakat akan melakukan itikaf (tadarusan AlQuran) sampai waktu sahur tiba  di masjid itu, dan kami sempat tukeran Email, dan mobile number, namun sayang sekali Jk, tidak membalasnya ketika kutanyakan rencana kami, dan semenjak itu Jk tidak lagi terlihat sholat Teraweh di mushola tempat kami biasa melakukan sholat isya dan teraweh, padahal saya berencana akan berdiskusi banyak tentang kehidupan, agama, ilmu dan lain sebagainya. karena bagaimanapun juga dia lebih banyak pengalaman hidup di bandingkan dengan saya, meskipun usianya jauh lebih muda dari saya.
mengingat hal itu "kata ustadz saya tadi" saya jadi ingat kalau dia adalah orang yang baik untuk di jadikan teman.  namun yang saya tidak mengerti ada apa dengan JK dia tidak terlihat lagi di Masjid, ketika sholat Taraweh dan sholat Isya, di Sms juga tidak ada Balasan, saya merasa tidak enak Hati (merasa bersalah) apakah dia tidak suka bertemu dengan saya, apakah dia menghindari saya, atau apa??
Salam buat Ibumu, saya yakin ibumu Orang yang Shalehah dan tegar.
Salam juga buat Ayahmu, saya yakin dia Orang yang Hebat dan baik.
Salam juga buat kamu semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan allloh taAla!

Minggu, 19 Agustus 2012


Wajib membayar zakat Fitrah ke setiap muslim lelaki & wanita, pada usia (masih berkesempatan Hidup) sampai Bulan Ramadhan/Romadon, hinggaa hari Lebaran sebelun fajar (setelah waktu Subuh)  seorang lelaki muslim wajib mengeluarkan/membayar Zakat untuk dirinya, anaknya (apabila anknya belum memiliki penghasilan), isterinya dan siapa saja yang tinggal di rumahnya (termasuk sudaranya  dan Pembantunya) wajib juga dia membayarkan zakat Fitrah untuk orang tuanya, apabila orang tuanya tidak mampuh (tidak memiliki) untuk membayar Zakat fitrah karena Fakir/miskin.
Membayar Zakat fitrah sebayank satu kulak perorangnya (satu kulak= 3,25=3.1/4 Liter) tapi kebanyakan Orang membayar Zakat fitrah dengan jumlah 3,5 Liter dan itu sangat kebih baik, 
Waktu Membayar zakat adalah boleh siang hari awal Bulan Ramadhan, sampai hari Lebaran sebelum solat lebaran, akan tetapi lebih utama  membayar zakat fitrah adalah pagi-pagi di hari Lebaran sebelum solat ied/solat lebaran. Atau di malam Lebaran/Malam Takbiran,  dan di makruhkan ( makruh adalah mendapat pahala apabila di tinggalkan, dan tidak di siksa apabila di lakukan, tapi  makruh dalam ibadah ialah dapat mengurangi pahala ibadah tersebut. Makruh juga dapat menjadi dosa apabila di lakukan terus menerus) Makruh membayar Zakat fitrah sesudah solat Lebaran, dan haram membayar zakat fitrah mengahirkan sampai waktu Magrib hari lebaran. Maka dia wajib Qodo karena  dia wajib membayar Zakat fitrah akan tetapi tidak sah zakat fitrah tersebut.

Sabtu, 18 Agustus 2012


IBU Selamat Hari Raya IduL Fitri 1433H

Di setaip Moment  hari Raya Iedul fitri, Biasanya pulang dari masjid (setelah Solat ied)  saya langsung pulang ke rumah, karena saya ingin Tangan Ibunda saya yang akan pertama kali saya Cium, yah tangan yang sangat Mulia, tangan yang sangat penuh perjuangan, tangan yang mati matian melindungiku, Melindungi anak anaknya puluhan tahun, tangan yang hanya memberi  tanpa berharap balasan, rasanya tiada tangan yang semulia ini dalam hidupku, tak sia sia Tuhan  menaruh Surganya di telapak kaki  ibu, karena kasih sayang ibu takan terhingga sepanjang masa, takan pernah pudar di makan usia, dan takan luntur di pisah jarah,  Namun Lebaran ini saya hanya mungkin Bisa mendengar suaranya saja melalui Phoncell, andai ada yang mampuh mewakilinya, aku rela  berbagi kabahagiaan moment lebaran ini, namun sayang taka nada yang mampuh!
Ketika Bedug bertalu-talu dan menggema di segala penjuru, aku hanya Bisa menutup mata membayangkan Ibunda nyata di depan mata, Bertahun-tahun aku merantau, jauh darinya setiap saat, namun untuk saat ini, saat yang fitri/suci. Aku berharap mendapat maafnya atas semua khilapku selama hidupku, meski ku yakini Ibuku selalu memaafkanku tanpa syarat dan tanpa ku minta, mungkin itulah ke istimewaan seorang ibu. Aku akan berjanji takan khianati semua harapannya, aku takan melupakan semua titahnya, namun hidup ini teruslah berjalan, waktu tak mau menunggu. Semua berlalu tanpa ragu, meninggalkanku satu persatu, hingga aku sendiri dalam bisu, tetap terpaku karena merindu.  Bukannya saya tidak rindu, namun tanggung jawab ini yang membelenggu.
Selamat Hari raya Idul fitri Bunda, aku sangat mencintaimu, kau tetap tegar seperti yang dulu, meski sang ayah telah meninggalkanmu di Hari yang fitri, namun engkau tetap sabar dengan semua yang terjadi.
Kini ku sadari betapa pentingnya kasih sayangmu, betapa berharganya dirimu, dan betapa sangat Mulianya engkau Ibuku, aku tau di hari yang fitri ini pasti engkau akan menangis, menangisi aku, anak yang kau rindu, di saat semua saudara bersama keluarga, di saat hari bahagia yang sangat nyata.
Semoga kita dapat berkumpul di hari raya berikutnya.alat musik tradisional bedug alat musik daerah bedug terbesar beduk ketupat 300x224 Alat Musik Tradisional Indonesia

Jumat, 17 Agustus 2012

Libur kerja ini saya hanya diam saja di kosan, maklum anak kos kalo libura kerja paling hanya bermalas-malasan saja, paling nyuci pakaian “meskipun kadang ke laundry” apalagi aklo akhir bulan/bulan tua : p biasanya kalo Libur kerja saya main ke tempat Abang saya di daerah ps minggu, namun semenjak abang saya sudah menikah saya jarang main ke ps minggu gak enak sama istrinya meskipun istrinya sangat baik dan cuex, terlalu merepotin. _Begini nieh resiko orang Jomblo, gak punya tujuan jika punya waktu dan uang_
Lalu seperti biasa kalau sudah beres pekerjaan Kos saya langsung nyari makan di luar, dan ke warnet kebetulan Modem saya Lemot (belum ganti kartu), baru saja 5 menit di wanet saya buka gmail saya, eh ada email dari tante Lindri, saya penasaran email apa ya, padahal tadi malam baru saja om Wisma (suaminya tante lindri) kirim saya email ngajak ke rumahnya katanya ada syukuran gak tau syukuran apa??, pas saya buka email dari tante Lindri
Farid nanti sore tante tunggu di Cafe tempat tante dan om Wisma ketemu, taapi di MTA aja ya, biar sorenya nanti langsung ke rumah kebetulan ada acara syukuran om Wisma, segera ya kabarin bisa/tidaknya sms saja ke no tante yang 0811xxxxxxx
_Tau aja saya libur kerja huft dasar_ Saya langsung sholat Dzuhur di masjid di kampus STAN dan gak sempat mandi langsung saja saya berangkat, _kalau saja mas Anto tau saya ketemuan sama tante Lindri pasti dia bakalan mengintrogasi saya_
Setelah kami smsan tempat dan lokasinya akhirnya saya ketemu juga sama tante Lindri “tumben pake Jilbab tante” guman hatiku merasa.

Pertama kenal sama Andi
Andi adalah keponakan Tante Lindri, dia asli Bangka namun karena ingin kuliah di Jakarta maka Andi memutuskan untuk tinggal di Rumah Tante Lindri, sebenarnya Tante Lindri belum terlalu tua untuk saya panggil dengan sebutan Tante, namun karena si Andi selalu menyebutnya Tante
_saya jadi ikut-ikutan padahal saya bukan keponakannya he he_
dulu pada waktu saya masih bekerja di Daerah semanggi, saya punya costumer langganan tempat saya bekerja dia Mahasiswa Kampus sebelah tempat saya bekerja“Andi” orangnya baik dan gokil abis _memang katanya orang sunda suka bercanda_ itu kata si Andi mengenai diri saya _prett_, dia mulai akrab dengan saya setelah saya dia anggap sebagai penyelamat dia _tentu saja karena saya, si Andi jadian sama si Mirna gak tau sampai saat ini masih jadian apa tidak, dan waktu malam-malam si Andi kecopetan semua Dompet dan Barang-banrangnya Ludes, lalu dia minta tolong sama saya, nginep di Kontrakan saya, dan paginya dia minta ongkos sama saya_.
Memang Andi pernah mau Ganti uang yang dia pinjam sama saya, namun saya menolaknya karena saya sudah lupa, dan saya ikhlas, tapi dia malah maksa, pake ngancam segala kalau saya tidak nerima dia tidak akan menjadi regular Costumer tempat saya kerja,
_wah parah banget ya, padahal gak usah maksa, ya gak apa-apa_
eh pas saya istirahat makan di kantin, ketemu lagi sama tuh anak, katanya mau photo copy tapi kok aneh malah nyasar ke kantin, eh malah nemenin saya ngobrol lagi padahal saya sudah mau masuk kerja lagi
_ya sudah saya tinggalin saja si Andi yang baru saja pesan kopi susu sama mpok Hindun_ “saya pergi duluan Bang udah masuk kerja nih” kata saya isyarat pamit,
Sambil bengong dengan tampang aneh “pulang jam berapa” tanya si Andi dengan mengankat tangan kiri tinggi mirip tamu memanggil pelayan restoran, karena saya sudah jauh saya hanya memperlihatkan jari saya 3 jari kanan dan kiri (isyarat jam enam), “oke” katanya yang tanpa suara sambil mengacungkan jempol mirip enak.

Tante Lindri
Pulang kerja benar saja si Andi sudah menunggu saya di teras Masjid yang letaknya agak jauh dari kampus dia, saya langsung duduk di sampaing kiri dia, “udah sholat?” tanyanya sambil menepun punggung saya kiri, aku tidak menjawabnya hanya mengangguk kecil pelan saja,
“oke kita berangkat” ajaknya dengan mengasih saya Helem
Biasanya si Andi kuliah mamakai mobil tante Lindri, namun tidak untuk kali ini, dia memakai motor Nsr, saya di ajak makan di kafe Hard rock daerah jakarta pusat. Di kafe itulah kami mulai ngobrol ngaler ngidul, mulai dari serius sampai obrolan yang guyon dari situlah kami mulai akrab, dan tak terasa kafe tempat kami nongkrong sudah mulai beres-beres untuk segera mau tutup.
Ternyata jam 01:30 pagi, karena si Andi males nganterin saya pulang ke kosan yang sangat jauh, akhirnya sayapun di paksa nginep di Rumahnya yang mewah di bilangan sawah besar.
Rumah yang sangat besar, mewah dan sepi terlihat dari luar saat kami sampai, saya di kenalkan sama tante lindri dan om wisma pemilik rumah mewah itu.
Karena sudah sangat larut akhirnya kami hanya salaman dan kenalan lalu kami pergi masing-masing ke kamar untuk tidur. ‘ayo kesini” ajak Andi sambil naik ke atas, mungkin kamarnya berada di atas.
Paginya kami bangun dan sarapan di meja makan bersamaan, tante Lindri, om wisma, saya dan Andi, memang Rumah itu hanya di tempati mereka bertiga, kaena pembantu hanya pagi datang dan sore hari setelah selesai pekerjaannya dia pulang.
Sambil sarapan kami ngobrol panjang lebar bersam om wisma dan tante lindri, kebetulan hari itu saya masuk shiff sore jam 2 singa masuk kerjanya, jadi saya santai saja, sedangkan Om wisma berangkat kerja di daerah Tebet.

Dari pembicaraan yang serba terbuka, akrab dan sering bertemu dan tukeran no Hp akhirnya saya jadi akrab sama Andi, om Wisma dan Tante Lindri, kadang saya juga sering main ke Rumah tante lindri, jika di rumah hanya ada Andi, ataupun om Wisma.
Karena mereka semuanya sangat baik dan percaya sama saya akhirnya sayapun merasa nyaman dan senag bisa mengenalnya dan sampai saat ini kami sering kopi daratan jika kami sedang ada waktu.

Terima kasih Tuhan telah mempertemuka saya dengan orang-orang baik.

TATA CARA SHOLAT, SERTA HUKUM DAN SYARATNYA

Syarat sahnya Sholat ada 10 :
1.      ISLAM
2.      TAMYIJ (DEWASA MENURUT AGAMA ISLAM)
3.      SUCI DARI SEMUA HADAS 9HADAS KECIL DAN HADAS BESAR.
4.      SUCI DARI NAJIS BAIK ITU ANGGAHOTA BADAN, TEMPAT, PAKAIAN YANG AKAN DIKENAKAN UNTUK SHOLAT, DAN TEMPAT SHOLATNYA JUGA HARUS BEBAS DARI SEMUA NAJIS. KECUALI NAJIS YANG DI MAAFKAN SEPERTI, DARAH YANG SEDIKIT, NANAH YANG SDIKIT DARI BADANNYA, ATAU NAJIS YANG SANGAT SEDIKIT YANG MUNGKIN TIDAK TERLIHAT OLEH MATA,
5.      HARUS MENUTUP AURAT (AURAT LELAKI  ANTARA PUSAR SAMPAI LUTUT, DAN AURAT WANITA DARI UJUNG RAMBUT/KEPALA SAMPAI TELAPAK KAKI (SEMUA BADANNYA KECUALI WAJAH DAN TELAPAK TANGANNYA SAMPAI PERGELANGAN)
6.      MENGHADAP QIBLAT DENGAN YAKIN
7.      SUDAH MASUK WAKTU SHOLAT (untuk lebih jelas silahkan baca kitab Irsyadul Anam)
8.      HARUS TAHU DAN YAKIN BAHWASANYA SHOLAT YANG LIMA WAKTU ITU ADALAH WAJIB.DAH MESTI TAU AKAN RUKUN-RUKUNNYA SHOLAT.
9.      JANGAN MENTEKADKAN BAHWA RUKUN-RUKUN SHOLAT WAJIB ITU SUNAT.
10.  MENJAUHI AKAN SEGALA YANG DAPAT MENYEBABKAN BATALNYA SHOLAT.
RUKUN SHOLAT ADA 13 : Termasuk tumaninah yang ada menyatu di 4 rukun, namun apabila Tumaninah di pisahkan maka  Jumlah Rukun sholat jadi 17 rukun
1.      Niat dalam hati di barengi dengan takbiratul ikhram (apabila sholatnya wajib.bukan sholat sunat, maka wajib dalam niat tersebut 3 hal,      1.Qosdu pi’li artinya menentukan menyebutkan(dalm ahti)  Niat sholat,      2.Ta’arud lifardiyah, artinya menyebutkan Fardu (wajib),      3. Ta’yin, artinya menentukan Nama waktu sholatnya seperti dzuhur, ashar dan lainnya,  dan apabila sholat Sunat yang memiliki waktu sendiri atau memiliki sebab, naka wajib dalam niatnya hanya no 1, dan no 3 saja,                        Dan jikalau sholat Mutlak, yaitu sholat yang tidak memiliki waktu, dan tidak memiliki sebab, maka hanya wajib no 1.(Qusdu pi’li) saja dan juga wajib di barengi dengan Takbir (awal sholat) atau Takbiratul ihrom.serta harus mengadakan 3 hal di atas (Qosdu, ta’arud dan Ta’yin) dalam hati ketika mengucapkan Allohu akbar, di barengkan semuanya, tapi jangan sampai selesai takbir, dan apabila sholat berjamaah maka orang yang jadi makmum wajib niat dia jadi makmum dalam takbirutol ihromnya, akan tetapi si imam di sunatkan  niat jadi Imam agar dapat pahala Berjamaah, akan tetapi jika pada Sholat jumat maka si Imam sholat jumat tersebut Wajib niat jadi Imam.
2.      Takbirutul Ihrom, syarat-syarat Takbirotul Ihrom : wajib dengan Bahasa arab, harus dengan sudah posisi berdiri tegak, tidak boleh mengganti ataupun menambahkan/mengurangi  salasatu huruf takbirotul Ihrom, tidak boleh memanjangkan alif atau Ba yang terdapat  dalam Takbirotul Ihrom,  wajib tertib mengucapkan dua kalimah Takbirotul Ihrom antara lapadz Allohu dan Lafadz Akbar.
3.      Berdiri bagi yang mampuh untuk sholat berdiri dalam sholat wajib,  tetapi jika dalam sholat sunat maka di perbolehkan sembari Duduk walaupun dia mampuh sholat dengan berdiri,  tapi lebih Afdolnya sembari berdiri,  tetapi jika tidak mampuh sholat wajib dengan berdiri maka diperbolehkan sholat senbari duduk, dan apabila tidak mampuh sholat dengan duduk, maka diperbolehkan sholat sembari terlentang(tiduran) sebisanya.
4.      Membaca surat alfatihah beserta tesdidnya, dan tidak boleh menggantikan Huruf-huruf yang terdapat dalam surat fatihah, dan semua rukun-rukun Qauli (bangsa Ucapan) dan wajib membaca AlQuran seluruh isinya dengan Tajwid dyang sudah di jadwalkan, di atur oleh hukum tajwid.
5.      Ruku’ Ruku’ adalah jongkok, yang dengan aturan sebagai berikut, jongkok dengan dua telapak tangan di tempelkan ke dua lutut beserta lurus dua kakinya, posisi setengah berdiri.  

Syarat solat berjamaah untuk lelaki muslim

Solat Berjamaah (solat bersama) untuk lelaki muslim itu lebih afdol daripada solat sendiri.    Akan tetapi untuk Wanita muslim lebih afdol solat dirumah walaupun sendirian, atau berjamaah bersama saudaranya, tapi jika solat berjamaah dengan sesame wanita itu lebih utama. Adapun syarat solat berjamaah ada 10 :
1.     Tidak boleh makmum bertekad bahwa  imam itu solatnya batal (karena syarat dan rukun Dalam solat tidak sempurna, seperti bacaan surat alFatihah yang salah, atau imam tidak tumaninah dan lain lain), dan tidak boleh bermakmum kepada imam yang melakukan solat Qodo (bayar hutang solat yang terlewatkan).
2.     Makmum tidak boleh bermakmum kepada orang yang solatnya bernakmum lagi, tapi harus bermakmum kepada Imam, atau yang Solat sendirian.
3.     Tidak sah solatnya apabila dia bermakmum kepada orang yang bacaan ALQurannya (surat alfatihah yang tidak sempurna tajwidnya), sseperti tidak bisa mngucapkan ayat alquran dengan mahrajnya, atau selalu mengantikan huruf dengan huruf lain seperti ha ح diganti dengan huruf kha/ho خ , atau ha besar ه dan lainnya.kecuali jika makmumnya lebih rusak bacaan alqurannya dari imam, maka dia sah berjamaah dengan imam tersebut.
4.     Makmum tida boleh berdiri posisinya lebih depan daripada imam solat.
5.     Apabila makmunyanya lelaki maka tidak sah solatnya jika imamnya wanita atau Banci, wanita, atau Banci bolah (sah solatnya) apabila mereka bermakmum kepada Lelaki.
6.     Orang yang solat  jadi makmum maka dia wajib berniat jadi makmum, tapi untuk imam dia tidak diwajibkan niat jadi Imam hanya saja apabila dia tidak niat jadi imam solat, maka solatnya sah, hanya saja dia tidak akan mendapatkan pahala/fadilah berjamaah, semua niatnya harus di saat takbiratul ihram.
7.     Makmum harus tau gerakan imam dalam solat baik secara suara atau dengan melihat imam (atau melihat makmum yang lainnya yang di depan).
8.     Tidak boleh ada penghalang antara makmum dan imam seperti tembok dan sebagainya (harus terbuka antara imam dan makmum).
9.     Harus mengikuti gerakan imam dalam solat, dan makmum tidak boleh mendahului imam dalam solat, karena apabila makmum terus mendahului Imam dalam solat maka bisa jadi solat makmum tersebut batal. Adapun lebih afdolnya adalah jika imam sudah Ruku’ maka makmum boleh ruku’, dan jika imam sudah berdiri itidal, maka makmum bolah itdal dan seterusnya,  dan hukumnya makruh apabila makmum membarengi gerakan imam dalam solat, dan haram untuk makmum mendahului imam dalam solat walaupun satu rukun solat bangsa pekerjaan (bukan bacaan) dan apabila makmum mandahului imam dalam solat dua rukun maka solatnya makmum tersebut Batal,  dan makruh juga makmum jika memperlambat (ketinggalan gerak dalam rukun solat imam, satu rukun, dan apabila dua rukun solat ketinggalannya (tanpa ada udur/yang di bolehkan syara/agama) maka  solat makmum tersebut batal. Tapi sah/tidak batal solat makmum jika ada udur yang di bolehkan oleh syara, perti makmum membaca surat alfatihahnya lambat, sedangkan imam membaca surat alfatihahnya cepat, jadi makmum ketinggalan ruku’ karena harus  menyelesaikan bacaan alfatihah sehingga imam keburu ruku’. Atau makmum lupa membaca alfatihah katika imam mulai Ruku’ lalu makmum membaca dan menyelesaikan bacaan alfatihah, sampai imam selesai dengan sujud yang ke dua, maka boleh (tidak batal).
10.                        Makmum harus mengikuti imam dalam semua sunah/sunat solat, seperti imam melakukan Sujud tilawat (sujud tilawat adalah sujud ketika mendengar ayat yang di anjurkan harus sujud) atau sujud sahwi (sujud saahwi adalah sujud meminta maaf kepada Alloh dalam solat, seperti kita lupa meninggalkan sunat ab’ad, atau kelebihan rakaat dalam solat karena lupa, atau ragu). Apabila makmum tidak mengikuti imam dalam sunat ab’ad maka solat makmum tersebut batal/tidak sah, apabila makmum tidak niat mufaroqoh ( niat mufarqokoh adalah niat membatalkan ikatan antara makmum dan imam dalam solat, dan ini di bolehkan oleh agama). Maka apabila makmum sudah niat mufaroqoh maka makmum tidak tergantung apda imam dalam solat, makmum yang niat mufarokoh sama hukumnya seperti orang yang solat sendiri sampai selesai.
Masbuk/masboq dalam solat, masbuk adalah makmum yang solat berjamaah katika imam sudah selsai fatihah (rakaat ke satu, maupun rakaat yang ke 3 atau terakhir) apabila makmum selsai takbiratul ihram, terus dia membaca doa iftitah atau ta’ud, maka imam sudah ruku’, amak makmum harus ikut ruku’  meskipun bacaan alfatihahnya belum selsai, dan itu sudah terhitung rakaat pertama makmum tersebut.
Tapi apabila makmum yang masbuk tersebut takbiratul ihram (baru bergabung untuk berjamaah) maka imam sudah Ruku’ lalu makmum ikut ruku’, apabila makmum itu sempat ruku dengan imam bareng maka solatnya itu terhitung rakaat yang pertama, namun apabila ketika makmum hendak ruku’ dan imam keburu itida (berdiri setelah ruku’) maka  rakaat makmum tersebut tidak di hitung rakaat pertama, rakaat selanjutnya yang di hitung rakaat yang pertama.
Dan apabila makmum yang masbuk takbiratul ihram/mulai bergabung berjamaah, dan imam sedang sujud, atau duduk  tahiyat atau rukun yang lainnya maka makmum yang sudah selesai takbiratul ihram harus mengikuti/ bergabung mengikuti gerakan  imam dalam rukun solat. Dengan bacaannya di tiap tiap rukun solat.

BTemplates.com

Facebook  Twitter  Google+ Yahoo

Google+ Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Owner Blog

Salam Persahabatan, dan Salam persaudaraan.
terima Kasih Anda telah berkunjung/membaca artikel saya, kebanyakan postingan di Blog Farid Aslam ini adalah hasil karya saya, namun ada beberapa yang saya rangkum, atau saya Kumpulkan dari berbagai sumber. dan ada juga yang Sahabat kirim melalui Email, ke pada saya untuk di Posting di Blog ini. Dan Sahabat juga boleh mengirimkan Cerita (fiksi, ilmu pengetahuan, pengalaman hidup, Agama Islam dan lainnya), semuanya akan saya tampung di Blog saya ini.
sekian dan Terima kasih jadilah Manusia yang berguna bagi sesama.
wassalam
Manusia Paling amat sangat Fakir akan Rahmat Robb

Translate

Popular Posts

Blog Archive